Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyikapi Social Distancing Corona

Kebijakan Social Distancing akibat dari pandemi corona alias covid-19, dunia di tahun 2020 seperti menggambarkan kekompakan masyarakat dalam bentuk perceraian, bersatu dalam wujud jaga jarak.

Realita yang cukup aneh memang, minim pergerakan = minim pemasukan uang. Terlebih di Indonesia yang merupakan negara mayoritas berpenduduk muslim, yang kebetulan pandemi itu datang seiring Bulan Suci Rhamadan.

Peraturan Jaga Jarak alias Social Distancing di saat bulan yang diagungkan dan secara tradisi biasa dimeriahkan ini sangat menggangu mental bersosial orang-orang. Tradisi anak-anak bersuka cita sebab panen banyak uang kini mendadak merasakan moment yang aneh sebab efek pemasukan uang dari bapak ibu atau saudara-saudara mereka menurun drastis.

Social Distancing dan Corona

Beberapa moment yang terbaca melalui media cetak maupun online, Peraturan Jaga Jarak ini membuat orang-orang frustasi. Beberapa berkeluh kesah tapi beberapa yang lain mampu menyikapi dan lekas beradaptasi dengan keadaan.

Saat social distancing diterapkan, aku sendiri menemukan orang-orang kreatif bermunculan, beranda Facebook lebih ramai dengan pertunjukan karya-karya, munculnya pedagang online baru, yang sebelum pandemi ini terjadi jarang aku temukan.

Cara Menyikapi Social Distancing, Bahkan Bisa Menghasilkan Uang

Bagi yang, setidaknya memahami komputer dan cara kerjanya, mereka bisa menyikapi Pandemi Covid-19 bahkan bisa menghasilkan uang, atau setidaknya menemukan cara untuk bisa senang meski terisolasi. Berikut beberapa hal atau cara positif menyikapi pandemi. Beberapa bahkan bisa menghasilkan uang.

1. Membaca Buku Menambah Wawasan

Membaca adalah hal yang sudah diakui sebagai kegiatan yang baik. Dari problem Social Distancing kita bisa ambil baiknya, dari kita yang tadinya malas membaca, kini saatnya lebih mengakrabkan diri untuk membaca.

Membaca apapun yang kita sukai, bisa membaca dari buku maupun artikel-artikel berfaedah di internet.

Tanpa disadari membaca akan membuat otak kita lebih kenyang, wawasan bertambah dan tentu orang yang memiliki wawasan luas cenderung akan menjadi pribadi yang lebih bijak dan akan berdampak pada kebaikan lingkungan sekitar.

2. Menulis Artikel Untik Dibagikan

Tidak beda jauh dengan kegiatan membaca bahkan berkait erat, menulis bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anda. salah satu kegiatan menulis, jika tidak bisa dipublikasikan menjadi buku maka blogging adalah salah satu cara menyimpan karya tulis anda. 

Bagaimanapun Pandemi Corona ini datang saat kita bisa terhubung dengan jaringan internet, jika anda mempunyai laptop anda bisa mulai menulis cerpen / cerita pendek esai atau artikel dari sekarang, bagikan karya tulis anda sehingga orang lain bisa mengambil kebaikannya.

3. Membuat Karya Desain Grafis

Jika anda mempunyai basik hobi menggambar, yang tadinya anda tidak punya waktu karena sibuk bekerja kini saat yang tepat untuk memulainya lagi, memanggil kembali bakat yang terpendam.

Sejak Pandemi Corona, di medsos sendiri aku mulai sering melihat karya-karya bermunculan. Dari mulai karya berbasik kertas gambar sampai karya dari software editor gambar yang hasilnya menakjubkan.

Mereka saling berbagi hasil karya dan saling menghibur, saling memberi suport dan menyenangkan tentunya. Dari kegiatan itu bisa menepikan perasaan jenuh dan stress dari sebab program Stay At Home.

4. Bermain Musik

Ini juga bukan hal yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang jika mereka bukan murni pekerja seni. Moment Jaga Jarak ini juga bisa anda gunakan untuk memainkan lagi alat musik kesukaan anda, piano, gitar, seruling atau apalah.

Anda bisa merekam / mengambil vidio untuk diunggah ke Youtube , Tiktok atau situ-situs vidio lainnya.

5. Mengkonversikan Karya Menjadi Uang

Sebenarnya dari ke-4 hal diatas bisa aja dikonversikan menjadi uang dengan cara moneteize. Baik Moneteize blog, tiktok, maupun youtube bahkan facebook. anda bisa mencari trik dan tipsnya di forum atau grub di medsos.

Tapi untuk cara menghasilkan uang paling mudah dari rumah bagi kita yang masih awam adalah dengan Jualan Online.

Ada banyak orang yang sudah memulai jualan online sebelum wabah, tapi banyak juga yang belum memanfaatkan peluang ini, terlebih jika anda tidak gemar online sebelumnya, tentu menjadi kendala tersendiri untuk memulainya.

Kini pada momen Social Distancing ini tidak salah untuk mencoba jualan online. Anda bisa bejualan di Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak atau Market Place lain. Dengan cara anda jualan online maka ada kemungkinan anda tetap dapat pemasukan meskipun di rumah saja.

Menyikapi Social Distancing

Hari-hari ini memang terasa berat, bukan hanya untuk anda dan saya, tapi juga untuk semua orang. Dengan cara menyikapi situasi dengan bijak, sembari berharap bencana corona ini berhenti, tidak ada salahnya anda menikmati kesendirian dengan berkarya dan menghasilkan uang dari rumah.