Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Domain Custom

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli domain custom. Domain bagi seorang blogger adalah hal yang cukup menarik perhatian. Dengan menggunakan domain berbayar, sebuah laman web / blog akan memberi kesan pada visitor bahwa blog tersebut dikelola dengan baik oleh owner yang profesional.
Hal Penting Sebelum Membeli Domain Custom

Terlebih jika blog yang dikelola adalah blog yang berfokus pada branding, penggunaan domain berbayar adalah keharusan.

Tapi kemudian bagimana dengan blog personal, terutama blog baru, apakah membeli domain adalah suatu keharusan? Sepertinya jawabannya akan perlu beberapa pertimbangan.

Kalau dari persepsi penjual sih ya tetap harus menggunakan domain custom, wong mereka pedagang, hasrat pedagnag dari jaman kuno sampe jaman sekarang juga pengin dagangannya laku, wajar...

Pertimbangan Sebelum Membeli Domain

Orang yang mau membaca artikel ini hampir pasti blogger pemula, otodidak dan atau personal, bukan seorang digital marketer, karena mereka sudah paham visi misi mereka yang tidak perlu membaca postingan macam ini.

  • Tujuan Membuat Blog

Kita membuat blog dalam rangka apa? Membawa visi misi apa? Apakah masih sekedar corat-caret atau mentargetkan sesutau semisal branding personal atau mungkin ada visi monetisasi blog, semisal pengin ikut daftar adsense.

Kalo masih pada fase sekedar corat-caret belum ada visi dan tidak tau misi apa yang dibawa, sebaiknya jangan tergesa menggunakan custom domain. Lebih baik jalani saja dahulu kegiatan "asal nulis" tersebut. Lam-lama juga akan lama menemu karakter, visi dan misi.

  • Kesiapan Diri Beternak blog

Ketika sudah membuat blog, hal lain yang perlu direnungan sebelum membeli domain adalah membuat pertanyaan pada diri sendiri "Apakah aku punya banyak waktu untuk memelihara blog?!"

Bagaimanapun blog yang diseriusi juga semcam hewan ternak yang perlu dirawat dan diperhatikan. Akan menjadi hal yang tidak berfaedah jika sudah membeli domain terus blog tersebut tidak diurus dan terlantar.

Maka jika tidak yakin mempunyai waktu yang cukup untuk blogging, mungkin tidak perlu terburu-buru memasang domain custom.

  • Harga Domain Dan Ongkos Perpanjangannya

Dan... jika kita pikir sudah yakin pengin menerapkan custom domain, pertimbangan selanjutnya adalah mengetahui soal harga awal dan sekma harga sewa untuk perpanjangnnya.

Tentang mahal tidaknya harga domian dan ongkos sewa perpanjangannya tidak begitu bermasalah bagi blogger yang mempunyai keuangan yang lancar.

Tapi akan cukup bermasalah untuk pengguna yang hidup masih pas-pasan, perlu pertimbangan serius, macam aku ini :-).

  • Plateform Yang Digunakan

Plateform apa yang digunakan dalam membuat blog juga menjadi pertimbangan.

Jika kita menggunakan layanan Blogger, saat membeli domain tentu tidak perlu memusingkan soal harga sewa hosting, karena kita masih bisa menggunakan hosting gratisan yang disediakn google.

Akan tetapi jika kita menggunakan platform Wordpress maka keinginan kita menggunakan custom domian perlu dibarengi keperluan menggunakan hosting berbayar.

Artinya jika blog di wordpress akan di-custom domain-kan, maka dengan serta merta kita juga perlu memikirkan tentang biaya layanan hosting untuk menampung segenap data blog kita.

  •  Passion

Yang terakhir ini adalah pertimbangan soal hasrat, passion. Silahkan ajukan pertanyaan pada diri sendiri apakah anda mempunyai passion yang kuat untuk nge-blog?

Kasus ini semisal hobi, jika blogging adalah sebagian dari hobi, membeli domian adalah suatu keharusan. Sebagaimana hobi-hobi lain, anda ingin nampak keren pada hobi tersebut bukan?!
Kesimpulannya, jika anda mempunyai visi, misi, kemampuan dan passion pada blogging, memasang domain custom adalah keharusan.
Teruntuk blogger pemula dan atau yang masih dalam fase coba-coba atau yang daya finansialnya pas-pasan tapi mempunyai hasrat memiliki domain custom, sekarang sudah ada alternatif domain yang harga dan ongkos perpanjangan sewanya cukup terjangkau; semisal domain.my.id ; Web.Id.

Pada akhir tulisan ini, ada hal yang perlu dketahui bahwa bagaimanapun secara fakta; penggunan custom domian akan lebih membuat pengguna tertarik untuk klik daripada yang tidak menggunakannya.

Entah alasan apa yang membuat custom domain lebih berdaya memancing klik, mungkin nama sebuah domain memang membuat kesan bagi para pengguna internet.

Demikian kurang lebih pembahasan perihal beberpa point penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli domain custom. Terima kasih sudah mempertimbangkan dan membaca tulisan ini, aku senang anda berkenan mampir dan membaca hingga titik ini.

Post a Comment for "5 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Domain Custom"