Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Kata Engagement Pada Blogging

Engagement, salah satu kata yang sulit aku ucapkan adalah ini, Engagement. Engagement jika arti katanya dikembalikan pada awal makna, artinya adalah bertunangan / berhubungan, gak percaya?! silahkan googling sumber yang terpercaya.

Engagement meaning

Kemudian apa arti kontekstualnya dengan blogging? Sederhananya, Engagement adalah suatu aksi salah satu pihak kepada pihak lain yang berdampak reaksi.

Engagement Dalam Blogging

Dalam wilayah blogging banyak peristiwa yang bisa dikatakan engagement, beberapa diantaranya adalah mengunjungi blog lain, membaca posting, shere ke medsos dan memberi komentar.

Apakah engagement penting dalam dunia blogging?! Jawabanku adalah iya! Penting! jika anda ingin dianggap ada atau eksis, baik oleh mesin google atau oleh human.

Bagaimnapun internet adalah semisal dunia nyata, begini, jika anda tidak mau bergaul dengan masyarakat tentu anda akan terasing, tidak

Begitu pala dalam pergaulan di internet, mau itu facebook, Ig, Tiktok dan lain-lain, jika anda maunya hanya disapa dan tidak mau menyapa, dikomentari tapi diam saja, maka oleh sistem tentu akan dianggap tidak mampu melibatkan diri dengan baik.

Sebagimana uraian di atas, kita sebagai blogger jika mempunyai keinginan untuk dianggap ada dan dikenal oleh mesin google, salah satu caranya adalah memperbanyak engagement.

Salah satu yang fair dalam blogging adalah berkunjung, membaca dan mengomentari postingan dari blogger lain. Gak harus memaksakan komentarnya harus di blog si ini atau itu.

Sesuai keperluan saja, sebagaimana teori menulis artikel blog yang bagus adalah tulisan yang alami, begitu juga dalam berkomentar.

Dari pada anda hanya komentar "bagus", "nice info" saja, itu malah berkesan buruk oleh si penulis maupun oleh google yang pastinya mempunyai alat untuk "mengendus", kemudian bisa dianggap aksi spamming dan tidak penting.

Ini komentar apa ejekan yak?

Begitu pula reaksi dari blogger yang postinganya mendapat komentar alami, akan bagus jika menjawab dengan jawaban yang proporsional.

Dalam wilayah apapun, dari masalah blogging hingga youtube, dari pasar tradisional hingga marketplace, Engagement adalah faktor penting yang mendukung eksistensi.

Engagement adalah keterlibatan, aksi dan reaksi, sebuah tindakan yang akan menjadi bukti positif keberadaan kita, baik blogging maupun di dunia nyata.

Post a Comment for "Arti Kata Engagement Pada Blogging"