Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Dan Resiko Menggunakan Domain.My.ID

Situs berbasik blog merupakan salah satu website yang pembuatannya cenderung berpijak pada prinsip kepentingan personal meskipun tujuan bisa saja mencakup banyak visi, kemudian apa kaitannya dengan alasan penggunaan domain.my.id?

Bisa dikatakan blog menggunakan custom domian.my.id itu semacam situs yang ingin menutupi kesan gratis, tapi bagiku penggunaan ekstensi domain yang berharga cukup murah ini tetap saja lebih berkesan ketimbang berekstensi blogspot.com, lah harga beli domain.my.id yang kerap dijuluki "domain yang bermasalah" saja hampir berasa domain gratis kan?


Alasan Realistis Menggunakan Domain.My.ID
Domain.My.Id

Note: Arti Kata Domain Secara analogi menurut PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) Domain adalah alamat kantor atau toko kamu di dunia digital. sifatnya unik, hanya ada 1 domain untuk 1 pemilik. Nama domain berfungsi untuk mempermudah akses ke websitemu.

Alasan Dan Resiko Blog Menggunakan Domain.My.ID

Btw, berikut aku suguhkan alasan mengapa menggunakan domain(dot)my(dot)id adalah pilihan realistis bagi blogger pemula maupun blogger yang intensitas dan pemeliharaan blog alakadarnya, semisal blogger yang jarang update artikel tapi tetap pengin mempunyai blog.

Faktor Trend Pengguna Internet

Seperti kita ketahui bersama, tren penggunaan internet sekarang sudah tidak seperti beberapa tahun ke belakang di mana saat itu kebanyakan masyarakat memanfaatkan blog untuk mendapatkan informasi-informasi yang mereka butuhkan. Sehingga para blogger yang memanfaatkan realita tersebut berlomba-lomba membuat blog / website mereka informatif dan keren, salah satunya dengan penggunaan Top Level Domain.

Sekarang masyarakat sepertinya lebih mengakrabi suguhan-suguhan informasi yang berbasik vidio. Orang-orang sudah tidak begitu berkesan lagi dengan suguhan tulisan yang ada di blog. Sederhannya, jika blog kamu blog gado-gado, apa iya akan memaksakan diri menggunakan Top Level Domain?

Aku pikir pengunaan domain.my.id lebih realistis, kesan serba gratisan pada blog tertutupi tanpa harus menanggalkan misi blogging

Keberadaan Situs Berita

Keberadaan mereka sebagai situs berita yang besar juga salah satu faktor dari hasil pertimbanganku dalam menjadikan alasan penggunaan domain.my.id ini.

Bayangin kamu sebagai blogger yang menulis dengan tujuan membuat blog untuk Moneysite sementara keberadaan blog kamu ditikung oleh media besar yang rajin update arikel untuk Google News dan mempunyai kemampuan optimasi dan juga doyan membahas hal-hal sepele, kayaknya blog akan susah untuk bisa tampil di page one, yang merupakan salah satu penentu keberhasialan Blog Moneysite.

Maka, aku pikir penggunaan domain.my.id untuk blog lebih realistis, penggunaanya menutupi kesan gratisan tapi juga tidak serta merta menyurutkan niatan kita untuk tetap blogging.

Resiko Menggunakan Domain.My.Id

Bagi yang sudah lama ngeblog pasti sudah paham resiko atau kekurangan domain.my.id. Salah satuanya adalah fakta bahwa domain ini dibuat guna petunjuk pada Algoritma Google bahwa sumber merujuk pada suatu negara yaitu Negara Indonesia. 

Maka dengan serta-merta penggunaan domain ini tidak akan Go International.

Namun hal di atas juga salah satu faktor penguat mengapa kita terutama blogger baru yang isi artikelnya gado-gado lebih realistis menggunakan custom domain.my.id.

Nah isinya artikelnya saja gado-gado mana mungkin orang luar negeri tertarik mengunjungi blog?

Kemudian resiko selanjutnya adalah yang bisa dibilang lumayan bikin sakit pikiran adalah bab teknis di internal Google Webmaster, adalah fakta (saat artikel ini ditulis) bahwa blog yang menggunakan sitemap.xml dari domian.my.id tidak bisa ditangani, -atau mungkin sengaja di-anak tirikan, hehe, ya bagaimana lagi?

Konklusi Penggunaan Domain.My.ID Pada Blog

Kita tidak tahu kemana trend masyarakat dalam menggunakan internet, tetapi untuk saat ini, kita tidak bisa memungkiri bahwa blogging bukan lagi hal yang begitu populer, maka dari itu aku pikir penggunaan domain.my.id adalah hal yang realistis untuk diterpakan pada blog, terutama blog yang baru lahir.

Jadi, meski nampak pesimis dalam melihat perkembangan trend penggunaan blog, kita tidak perlu membatalkan niatan blogging kita.

Siapa tahu suatu hari blogging mendapatkan Tempat & Fungsi Yang Istimewa lagi di internet, kita tidak pernah tahu, karena faktanya trend di internet bergerak dinamis, kita juga tidak tahu visi, misi dan inovasi apa yang sedang dikembangkan oleh Google dalam mengoptimasi salah satu layanannya ini.

Dan terus terang, aku pribadi sih sebenarnya naksir domain.id, hehe..., sebuah ekstensi domain yang lebih mudah diingat dan enak dalam penyebutannya, yah... perbandingan antara harga kedua domain juga beda jauh bos.

Post a Comment for "Alasan Dan Resiko Menggunakan Domain.My.ID"