Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Domain Gratis Eu.Org Menggunakan Free DNS

Domain Gratis Eu.Org sudah akrab bagi para blogger senior tapi tentu masih asing bagi para pemula. Domain gratis ini juga terbukti ramah terhadap adsense sebagaimana banyak blog bersliweran yang sudah membuktikannya, sudah gratis, domain.eu.org juga bisa dikaitkan dengan Free DNS.

Bukan bermaksud menyepelekan penggunaan subdomain.blogspot.com, karena faktanya, meski dalam diam kita sepakat penggunaan custom domain pada website / blog akan menjadi lebih berkesan Menarik di mata orang dari pada penggunaan subdomain dari blogger.

Cara Memasang Domain Gratis Eu.Org Plus Free DNS

Cara Mendapatkan Domain Gratis Eu.Org Plus Free DNS

Langsung saja! Berikut adalah tahap-tahap cara mendapatkan domain gratis eu.org beserta layanan free DNS nya, khusus untuk pengguna blog di blogger.

Membuat Akun Di Laman Domain Gratis Eu.Org

Membuat akun di laman penyedia domain gratis ini cukup unik, sehingga yang perlu diperhatikan setelah mendaftar adalah kamu perlu membintangi email balasan saat kau sudah mendaftar. Hal ini karena saat kamu login nanti, yang akan kamu gunakan adalah  User Name yang sudah dibuatkan oleh penyedia domain, jadi sekali lagi jika kamu sudah mendaftar kamu perlu melabeli / membintangi email dari Eu.Org ini.

Membuat Akun Untuk Mendapatkan Free DNS

DNS adalah kependekan dari Domain Name System, bagi kamu blogger otodidak DNS ini kegunaanya adalah menjembatani pengalihan dari blogkamu.blogspot.com ke domain.eu.org. Untuk mendapatkan DNS gratis ini silahkan kamu mendaftar ke alamat hostry.com.

Prosesnya cukup mudah sebagaimna kamu mendaftarkan sebauh akun ke media sosial, tinggal sat-set sat-set.

Cara Memasang Free Custom Domain Eu.Org

Bukalah 2 jendela browser, satu jendela untuk laman Eu.Org dan satu jendela lain membuka laman Hotry.com.

Ketika sudah masuk laman Eu.Org silahkan pilih nama domian yang ingin kamu gunakan; misal msglow-promo.eu.org (tanpa www).

Jika nama yang dipilih bisa digunakan silahkan isi bagian-bagian pada kolom pertama dengan isian Name Server dari hostry.com, berikut kode namanya:

  • ns1.hostry.com
  • ns2.hostry.com
  • ns3.hostry.com
  • ns4.hostry.com
Setelah tahap proses permohonan nama domain selesai, kamu kunjungi balik jendela hostry.com untuk mengaitkan domain yang tadi kamu buat dengan DNS di hostry.com.
  • Pilih layanan Free DNS
  • Kaitkan nama domain.eu.org pada bagian Configure.
  • Sudah! kalo sudah ya berarti sudah.
Untuk petunjuk cara penulisan record bisa di lihat pada gambar screen shot di bawah ini.

Free Domain DNS Record


Cara Pengalihan Subdomain Blogspot Ke Custom Domain.Eu.Org

Jika kamu sudah pernah menggunaka custom domain berbayar, caranya tidak berbeda. Bagi kamu yang belum pernah atsu tidak tahu cara mengalihkan / memasang domain custom di blogspot, berikuat adalah tahap-tahapannya.

Sebelum mengalihkan, silahkan kamu kunjungi hostry.com isikan baris angka berikut pada A Record, jumlahnya ada 4 Record!
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Save, dan setelah itu kita masuk pada bagian mengalihkan namadomainkamu.blogspot.com ke www.namadomainkamu.eu.org
  1. Buka blogger, pilih menu setting
  2. Klik bagian Custom Domain
  3. Tempelkan nama www.namadomiankamu.eu.org (jangan lupa menggunakan www.)
CNAME Domain Custom Pada Blogger Untuk DNS
CNAME Domain Custom Pada Blogger Untuk DNS
Note: Aktivasi pengalihan domain tidak akan berjalan jika kamu belum mendapatkan Email Pemberitahuan dari Penyedia Domain Eu.Org bahwa permohonan nama domain yang kamu ajukan diterima / Accepted.
Setelah itu tempelkan nilai-nilai angka yang tertera dalam jendela pop-up yang muncu. Copy dan pastekan pada masing-masing Record CNAME pada  bagian Configure di panel Free DNS hostry.com

Menunggu Propagasi Domain

Propagasi, sederhananya adalah proses waktu peralihan dari domain lama ke domain baru sehingga website atau alamat domain baru kamu dapat diakses oleh peramban di internet.

Dalam kasus yang pernah aku alami, kadang proses pengalihan ini tidak begitu responsiv (mungkin karena gratis), jadi saran aku jika pada prosesnya tidak mendapatkan tanggapan sebaiknya kamu kirimkan ticket ke layanan customer di hostry.

Dengan menggunakan bahasa inggris yang sederhana silahkan kamu meminta pengaktifan layanan Free DNS yang sudah kamu order.

Butuh kesabaran memang, tapi cepat atau lambat asal kamu mengirim tiket permohonan, permintaan kamu akan ditanggapi.

Jika masih belum bisa, coba cek kembali tahap demi tahap yang mungkin terlewat atau salah,

Selamat mencoba semoga domain gratis dan free DNS yang kamu pesan kamu dapatkan, lumayan bisa buat website landing page, sebagai post blog untuk menopang blog utama yang kamu miliki, semisal blog www.sidikis.my.id yang ditopang juga oleh keberadaan website https://www.popmedia.eu.org yang dapat berfungsi guna mendapatkan traffic blog utama.

Post a Comment for "Cara Memasang Domain Gratis Eu.Org Menggunakan Free DNS"