Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Tools Optimasi Blog Ini Untuk Blogger Pemula

Arti kata Tool adalah alat, jadi pada artikel ini aku ingin berbagi tentang beberapa Tool Untuk Optimasi Blog yang direkomendasikan bagi blogger pemula dan harus dipahami fungsi dan dikuasai cara kerjanya agar situs blog lebih teroptimasi.

Tool Optimasi Blog Baru

Postingan perihal Tool Blog ini tentunya ditujukan bagi blogger baru yang sudah bisa membuat blog dengan benar tapi masih belum memahami cara mengoptimasi blog, termasuk penggunan Tools / Alat-alat ini.

8 Tools Wajib Untuk Blogger Pemula

Mengapa kita tidak perlu membahas semua Tools pengoptimasi, karena pada realita prakteknya blogger baru akan mengalami fase trial dan eror.
Postingan ini ditujukan untuk blogger pemula dengan harapan bisa meminimalisir trial dan eror karena terobsesi menggunakan tools pengoptimasi tingkat next level tapi menanggalkan pemahaman pada Tool utama.

Jadi kamu tidak perlu memaksakan diri menggunakan Tools yang cara penggunaannya susah dipahami alias hanya direkomendasikan untuk para ahli.

Dengan memahami Tools penting ini juga bisa dijadikan modal awal untuk memahami Tools blog tingkat lanjut lainnya.

Google Webmaster Tool

Pernah aku tulis bab cara verifikasi Webmaster (Google Search Console). Apakah kamu sudah tahu fungsi dan cara kerjanya?

Jadi Tool berbasis Web ini adalah Tool utama yang bisa dikatakan wajib digunakan oleh blogger, baik itu blog yang menggunakan ekstensi.blogspot maupun blog yang dibiat menggunakan Wordpress.

Tool ini berfungsi untuk memvalidasi kepemilikan situs blog. Jadi jika kamu ingin keberadaan blog kamu terbaca / diindeks oleh Mesin Pencarian Google maka kamu wajib mengaitkan situs / blog kamu ke Google Webmaster ini.

Jika kamu membuat blog dengan layanan blogger, cara validasinya cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan properti dan klik validasi.

Fungsi Google Search Console

Kemudian apa saja yang bisa diambil dari Tool ini?. Oke, dengan Tool ini kamu bisa mendapatkan manfaat sebagai berikut.
  1. Sebagai alat untuk memberi tahu Google bahwa kamu telah meng-online-kan artikel baru.
  2. Mengetahui apakah artikel yang diposting sudah diindeks oleh Google atau belum
  3. Query! Guna mengetahui kata kunci atau kalimat apa saja yang diketikkan oleh orang yang memantik aertikel kamu muncul di halaman pencarian Google.
  4. Mengetahui situs mana saja yang mengaitkan blog kamu alias backlink.
  5. Mengetahui kisaran posisi / rangking tampilan artikel kamu di halaman pencarian Google.
  6. Sebagai tempat menghapus link dari artikel yang kamu hapus (agar google tidak perlu mengindeks link tersebut).
Dan banyak lagi, tapi inti dasarnya, Tool ini adalah alat pertama yang harus kamu kasih tau bahwa kamu punya website / blog.

Tool Penghitung Jumlah Kata

Tool ini perlu untuk blogger pemula, dari nama Tool-nya kita sudah tahu fungsinya, yaitu untuk menghitung berapa jumlah kata yang terdapat dalam artikel yang kamu tulis.

Bahkan dengan Tool ini kamu bisa mengetahui beberapa hal terkait:

  • Jumlah kata yang terdapat dalam artikel
  • Jumlah kalimat yang terdapat dalam artikel
  • Jumlah kata paling banyak pengulangan dalam tulisan

Dengan Tool ini, jika kamu kesusahan mengembangakan tulisan dalam artikel, minimal kamu dapat memastikan jumlah kalimat yang terdapat di dalam artikel lebih dari 300-an kalimat, sebisa mungkin minimal 500-an kalimat.

Hal ini penting guna meminimalisir kemungkinan artikel kamu dianggap artikel spam yang tidak berkuwalitas oleh Google Search Engine.

Salah satu alamat tool yang bisa digunakan silahkan kunjungi https://id.wordcounter360.com

Converter Gambar Blog Tool

Kamu masih pemula dalam blogging? Pastinya hal yang kamu pahami adalah urusan gambar, kamu asal mengunggah gambar, baik itu gambar ilustrasi olahan software dan aplikasi maupun gambar foto hasil jepretan kamera.

Maka tulisan ini akan memberi tahu bahwa kelakuan asal meng-upload gambar untuk artikel itu kurang baik untuk blog kamu.

Jika gambar kamu tidak dioptimasi, besar kemungkinan gambar kamu akan memperlambat loading blog. Dan dampak kelanjutannya adalah membuat calon pembaca enggan membuka blog kamu karena proses pemuatn halamannya sangat lambat.

Dengan Tool ini gambar yang bobot awalnya berat bisa lebih dioptimasi menjadi lebih ringan.

Nah Tool Converter Gambar ini fungsinya untuk mengoptimasi gambar, jadi sebelum kamu menguggah gambar atau foto yang akan kamu sisipkan sebaiknya kamu optimasi dulu menggunakan Tool ini.

Ping Blog Tool

Tool yang satu ini kerap digunakan saat kamu telah selesai dengan update artikel di Google Search Console. Analogi cara kerja Tool ini adalah sebagai alat untuk memberi sinyal pada internet tentang keberadaan blog kamu.
Kamu bisa menggunakan Tool Ping ini di alamat pingomatic.com atau pingler.com.
Caranya mudah, kamu tinggal ketikkan judul blog dan input alamat url-nya.

Sharing Tool Untuk Blog

Kalo kamu sudah yakin bahwa artikel kamu layak untuk dibaca oleh banyak orang maka kamu perlu Tool yang satu ini.

Sharing Tool ini adalah alat yang akan membagikan artikel yang baru kamu online-kan ke berbagai media sosial.

Dengan mempromosikan artikel ke banyak medsos, tentu akan memperbesar potensi traffic alias kunjungan blog.

Jadi dengan alat ini kamu bisa mempromosikan tulisanmu secara otomatis. Caranya cukup mudah, kamu hanya membuat akun di dlvr.it.

Setelahnya kamu cuma perlu mencentang pilihan-pilihan yang tersedia, tentukan ke media sosial apa saja artikel ingin kamu promosikan.

DMCA Protector Untuk Blog

DMCA Protector adalah sebuah Tool yang dirancang untuk membantu kita melindungi karya tulis kita di blog.

Bayangin kamu blogger pemula, menulis sebuah cerita pendek dengan susah payah, terus karya tulosmu dijiplak orang dan dipublikasikan atas nama mereka.

Dengan memasang alat ini kamu sudah berusaha melindungi Karya Tulis-mu dari kemungkinan tindakan penjiplakan konten. Mekanismenya bisa kamu pelajari di halaman DMCA.

Dengan memasang Badge DMCA kamu sudah memberi peringatan pada pihak-pihak yang berusaha jahil bahwa kamu akan bereaksi jika konten blog kamu dijiplak.

Tool GT Metrix

Ini adalah Tool pendukung untuk menganalisa kecepatan loading blog kamu.  Tidak menggunakan alat ini pun sebenarnya kamu bisa merasakan seberapa kecepatan loading blog kamu saat kamu mengaksesnya. Jadi jika kamu pikir blog kamu terasa berat hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menganalisisnya menggunakan GT Metrix.

Setelah kamu mendapatkan hasil berupa data yang telampir dalam hasil laporan Tool ini kamu bisa menanyakan solusi perbaikkannya pada para ahli. Sebaiknya kamu tanyakan pada pembuat template yang kamu gunakan, biasanya mereka lebih paham permasalahan dan tahu solusinya.

Tapi jika loading blog kamu dirasa baik-baik saja, kamu tidak harus terus-terusan menggunakan alat ini.

Tool DA PA Checker

Kamu pemula dan mulai mengenal isu tentang SEO, Tool ini adalah salah satu alat simpel untuk menganalisis seberapa bagus kuwalitas blog kamu.

Dengan alat ini kita bisa memahami gambaran dari kuwalitas blog. Sinyal yang bisa kita dapatkan dari Tool ini adalah Nilai Domain ( DA) dan nilai kuwalitas artikel (PA).

Secara umum, nilai DA dan PA yang tinggi lebih baik dari nilai DA dan PA yanh lebih kecil. Meski dalam relaitanya ada faktor lain yang menentukan kuwalitas DA dan PA suatu blog.

Untuk Menggunakan alat ini, ketikkan saja di Search Engine: "Cek DA PA Blog"

Konklusi

Tools yang disebutkan di atas adalah Tool utama yang sebaiknya digunakan untuk blogger pemula. Selain Tool tersebut memang ada tools lain dengan berbagai macam fungsi, tapi alat-alat itu lebih direkomendasikan untuk para ahli, yang lebih membutuhkan informasi yang kompleks untuk mengoptimasi website yang mereka kelola.

Post a Comment for "8 Tools Optimasi Blog Ini Untuk Blogger Pemula"