Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar Dan Verifikasi Blog Di 5 Webmaster

Verifikasi Website / Blog Di 5 Webmaster | Kamu sudah bikin blog yak? Blog sudah terdapat unsur Halaman About Us, Sitemap, Kontak Dan Privacy Policy? Terus sudah ada beberapa  postingan artikel kan...? Selamat ya... tahap paling mendasar membuat blog sudah terpenuhi.

Kemudian sekarang ada tahap kelanjutan yang harus kamu lakukan agar eksistensi blog kamu diakui keberadaannya oleh mesin pencari.

Web Master ini sangat berpengaruh pada keterbacaan blog kita di internet.

Tahap ini adalah mendaftarkan web / blog ke web master (sederhananya web master itu semacam petugas yang mempunyai wewenang, hak untuk mendata keberadaan blog, mereka semacam pihak yang wajib diberi tahu tentang keberadaan blog kamu).

Web Master ini sangat berpengaruh pada keterbacaan blog kita di internet. Terus ke Web Master apa saja sebaiknya kita daftarkan blog kita? Berikut adalah beberapa Web Master yang awam disowani oleh para blogger.

5 Web Master Tempat Registrasi Blog

Berikut adalah 5 Web Master tempat blogger verifikasi situs / blog mereka agar terindex dan dapat ditemukan di internet.

Verifikasi Blog DI Google Wab Master

Sebagaimana kita tahu Google adalah salah satu penguasa di internet. Jadi setelah blog kamu jadi segeralah mendaftarkan blog di Google Search Console. Untuk pengguna blogspot, karena layanan hosting untuk membuat blog gratisan ini milik Google maka cara klaimnya cukup mudah, tinggal menuju GSC dan sat-set, verifikasi dan otomatis jadi.

Untuk pengguna layanan wordpress silahkan menuju ke kontrol panel dan ikuti petunjuk untuk memverifikasi kepemilikan blog.

Verifikasi Blog Ke Bing Web Master

Bing web master adalah tool yang merupakan produk dari Microsoft yang juga harus dikasih tahu bahwa blog kamu sudah ada dan siap diedarkan di internet. Jadi jika blog kamu tidak kamu daftarkan di Bing Webmaster ini maka blog kamu gak akan ditemukan oleh pengguna internet yang mencari artikel menggunakan Mesin Pencari (search Engine) Bing.

Verifikasi Website Ke Yandex Webmaster

Aku tidak begitu akrab dengan Web Master ini, tapi secara tradisi kebanyakan pengguna blog akan mendaftarkan ke Webmaster Yandex Ini.

Yandex sendiri adalah Mesin Pencari / Pengindex Artikel buatan Negara Rusia, siapa tau kamu bikin artikel berbahasa rusia, silahkan ....

Pinterest Website Claim

Pinterest adalah Situs Media sosial yang juga kerap digunakan blogger untuk mengoptimasi blog. Mungkin di Indonesia Pinterest tidak sekondang Facebook atau Twitter tapi untuk level internasional pinterest merupakan tempat yang bagus untuk menkampanyekan blog.

Dengan menggunakan gambar sebagai media komunikasi, pinterest menjadi gerbang masuk visitor dari luar negeri menuju blog yang kamu miliki.

Terlebih jika artikel / postingan blog kamu berbahasa inggris maka memverifikasikan blog kamu ke pinterest adalah HARUS!

Facebook Domain Claimer

Nah kalo yang ini adalah media sosial bermilyar umat, jadi mendaftarkan situs kamu ke Facebook adalah juga hal yang sebaiknya dilakukan.

Caranya adalah menuju alamat Facebook Untuk Developer dan lakukan klaim domain pada menu yang terdapat di dalamnya.

Verifikasi Blog Ke Web Masters

Seperti kalimat aku di awal bahwa Para Web Master ini adalah Para Penguasa di internet mereka harus dikasih tahu bahwa blog kamu ada dan aktif. Mereka harus tahu bahwa kamu pemilik blog yang kamu buat dan daftarkan.

Terlebih jika blog kamu digunakan untuk mencari uang, maka adalah suatu keharusan blog kamu diketahui oleh mereka.

Dengan begitu sederhannya, mereka mengetahui siapa kamu dan apa nama websitemu dan apa saja yang kamu bahas dan tulis.

Dan tentunya Para WebMaster tidak akan memblokir / membatasi keberadaan dan kegiatan blogmu selama kamu tidak melanggar peraturan yang mereka buat.

Cara Verifiikasi Blog Ke Web Masters

Untuk cara verifikasi / mengklaim kepemiliakn blog pada Web Masters semua hampir sama, yaitu meletakkan kode sesuai petunjuk.

Khusus untuk pengguna blogsopot caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka dua tab pada browser, yang satu untuk membuka Blogger dan yang lain untuk membuka laman Web Master
  2. Kunjungi Alamat Wab Master Yang dituju
  3. Daftarkan diri atau membuat akun di Web Master
  4. Ikuti pertunjuk di internal, biasanya di dalam Web Master ada menu ADD SITE atau CLAIM SITE.
  5. Ambil / copy kode yang diberikan
  6. Paste / lekatkan kode tersebut di bawah <head> pada Template Blog.
  7. Setelah disimpan kembali ke Web Master dan klik Verifikasi
Cara verifikasi blog ke web master
Script / Kode Verifikasi diletakan di Bawah <head> pada tempalete blog.
Nah.. Jadi sekarang blog kamu sudah eksis yak, sekarang udah paham kan fungsi dan manfaat verifikasi blog pada Web Master?
Sekarang keberadaan blog kamu sudah diakui Para Web Masters, sisanya yang perlu dilakukan agar mereka memperhatikan dan peduli pada blog kamu adalah kamu harus mengoptimasi blog, salah satu caranya adalah aktif menulis dan memposting artikel, sehingga mereka tahu bahwa blog kamu hidup alias bukan blog zombie.

Post a Comment for "Cara Daftar Dan Verifikasi Blog Di 5 Webmaster"