Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Prinsip Dasar Cara Jualan Online Di Tiktok

Beberapa tahun terakhir perkembangan strategi jual beli online terus bertambah variasinya, terbaru yang sedang menjadi trend untuk media pemasaran adalah Tiktok, suatu cara jualan online yang mengandalkan konten vidio.

Prinsip Dasar Cara Jualan Online Di Tiktok seller

Secara sederhana, kehadiran tiktok jelas mempengaruhi trend jual beli online yang semula didominasi oleh merketplace semisal shopee dan tokopedia. Maka hal ini akan menjadi tantangan baru bagi pedagang untuk memkasimalkan Layanan Tiktok guna memperbesar potensi keuntungan.

TikTok adalah aplikasi media sosial yang populer yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi video pendek yang dapat di-edit dengan musik, efek, filter, dan transisi yang unik. Aplikasi ini awalnya dikenal dengan nama Douyin di China, dan kemudian diubah menjadi TikTok untuk pasar internasiona

Salah satu cara mempromosikan produk jualan kita di Tiktok adalah dengan memaksimalkan beberapa hal yang bersifat prinsip atau mendasar.

7 Prinsip Dasar Cara Jualan Online Di Tiktok

Jika anda belum mempraktekannya, berikuat adalah 7 prinsip bagaimana cara jualan online di tiktok yang harus dilakukan.

1. Menyesuaikan Profil

Menyesuaikan profil disini adalah memaksimalkan data yang harus diisi serta jenis akun yang anda gunakan. Lengkapi data se-informatif mungkin. Tiktok sendiri sudah menyediakan pilihan kategori, diantara lain: 

Jika akun anda sudah mendapat jumlah follower tertentu sesuai aturan tiktok jangan lupa menautkan link situs yang menuju pada halaman-halaman anda.

Dengan mengaitkan link, pengunjung profil bisa menemui anda via halaman manapun. Bisa jadi pengunjung lebih memilih membeli produk anda di luar tiktok, misal membeli melalui halaman online shop yang ada di aplikasi shopee atau Lazada.

Dan jika jualan anda adalah jasa, anda bisa lampirkan tautan blog atau website yang memungkinkan follower membaca detail tentang layanan yang anda jual.

2. Melibatkan Diri (Engagement)

Mulailah dengan mengikuti profil pengguna tiktok, cari dan ikuti profil-profil yang kemungkinan akan mengikuti balik atau tertarik dengan konten anda.

Dalam prakteknya kebanyakan akun aktif yang belum mempunyai nama besar akan mengikuti balik saat mereka diikuti.

Dengan cara ini, orang yang anda ikuti akan melihat profil dan melihat konten apa saja yang anda buat serta produk apa saja yang dijual.

Live Streaming Tiktok, cara lain untuk engagement yang bisa dilakukan adalah dengan live streaming, dengan trik ini anda bisa mendapatkan like dari penonton yang tentunya akan mendapat respon bagus dari algotima tiktok.

3. Menggunakan Deskirpsi Dan Hashtag

Ketika membuat konten jangan lupa menulis deskripsi dan menggunakan hashtag.

Pengguanan hashtag adalah salah satu cara penerapan algoritma tiktok yang paling ampuh agar konten yang anda buat lebih akurat menyasar pada prospek.
Sederhananya, penggunaan hashtag ini membuat konten vidio tiktok anda akan lebih menarget sasaran yang anda bidik.
Semisal anda jualan alat musik, ketika anda membuat konten dengan memainkan gitar jangan lupa hashtag seputar musik; #gitar #coverlagu #laguviral #tiktok #fyp #tiktokseller , dan semisalnya. Pada tahap pembuatan konten, jangan lupa pula melampirkan produk yang anda jual di tiktok olshop.

4. Membagikan Konten

Setelah konten kita publikasikan ke tiktok jangan lupa membagikannya ke media sosial lain yang digunakan.

Bisa dibagikan ke Facebook, status Whatsapp dan lain-lain, dengan cara ini orang yang belum mengikuti anda di tiktok akan berkemungkinan mengklik tautan dan kemudian menjadi follower baru.

5. Memanfaatkan Jasa Influencer

Jika anda cukup kuat dengan modal, anda bisa memanfaatkan influencer guna mengkampanyekan produk.

Mengapa menggunakan influencer?! Karena mereka mempunyai nama besar dan mempunyai follower yang sangat banyak. Anda bisa membayangakan ketika produk anda dipromosikan oleh influencer dan dilihat oleh ribuan orang, tentu dampaknya akan bagus.

6. Menjalankan Iklan

Sebagaiamana yang pernah anda lakukan di marketplace, menjalankan iklan tiktok adalah cara yang ampuh untuk mencari dan mendapatkan pembeli. Jika anda bisa membuat konten yang baik, anda pasti juga bisa membuat konten khusus untuk iklan.

Pembuatan konten vidio khusus untuk iklan di tiktok ini lebih targeting dari pada pembuatan konten yang biasa. Jadi vidio konten untuk iklan tiktok sebaiknya direncanakan dan dibuat dengan sebaik mungkin. Sebab konten ini bisa digunakan berulang kali pada kurun waktu tertentu sesuai tujuan dan rencana anda.

Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri anda bisa mencari dan menghubungi jasa pembuatan iklan yang mudah kita temukan di internet, kik saja di browser dengan kata kunci jasa pembuatan iklan.

7. Mengamati Data Analytic

Bagian dari prinisp cara berjualan online di Tiktok yang terakhir ini sangat penting. Ini adalah bagian yang perlu dibaca dengan seksama. Mengamati hal-hal semacam; jenis konten vidio tiktok apa yang disukai follower, konten apa yang dibagikan oleh follower atau konten apa yang paling sediki mendapat perhatian.
Dengan membaca data-data dari analisa ini anda bisa melakukan rencana untuk menyikapinya agar jualan online bisa laris.
Demikan Artikel Tentang 7 prinsip dasar guna memaksimalkan jualan online di Tiktok. Ada hal-hal lain juga yang perlu dipelajari, anda bisa menganalisanya dengan pengalaman yang anda dapatkan saat menggunakan tiktok.

2 comments for "7 Prinsip Dasar Cara Jualan Online Di Tiktok"

  1. terima kasih untuk tipsnya gan, kebetulan saya ada niatan buat mulai jualan online dan salah satunya melalui tiktok, tapi masih bingung caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, kayaknya tiktok akan semakin viral masyarakat sehingga menjadi tempat yang potensial untuk jualan

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kaka, berguna untuk tingkatkan engagement | komentar tanpa tautan hidup | link cukup di profil kaka aja | komentar spam akan dihapus, terima kasih.

Ttd:
Domain.My.Id Hosting Gratis