Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ts'ai Lun Si Penemu Kertas

Tidak banyak yang di ketahui banyak dari kehidupan sosok Ts'ai Lun (Cai Lun) Si Penemu Kertas, ada kisah bahwa dia orang yang dikebiri. Ts'ai Lun adalah seorang Pegawai Negeri pada Kekaisaran Ho Ti pada kisaran Tahun 105 Masehi. Beberapa sejarawan menganggap Ts'ai Lun adalah nama mitos namun Nama Ts'ai Lun dapat ditemui dalam bukti penulisan sejarah resmi dari Dinasti Han. Sehingga tidak terbantahkan bahwa Ts'ai Lun adalah orang yang pertama kali menemukan cara membuat kertas - Penemu Kertas.

Karena jasa Penemuan Cara Membuat Kertas oleh Ts'ai Lun ini maka berdampak pada perkembangan yang cukup pesat di China karena informasi dan ilmu pengetahuan dapat dengan cepat disebarluaskan.

Ts'ai Lun Si Penemu Kertas dari China

Awal Penggunaan Kertas Menyebar Ke Seluruh Dunia

Lama setelah Penemuan Kertas tidak serta teknik ini diketahui oleh banyak orang di dunia (mungkin sengaja dirahasiakan). Hingga pada kisaran Tahun 751 rahasia cara membuat kertas bocor juga. Konon ini bukan karena kesengajaan tetapi karena adanya orang-orang yang tertawan oleh Bangsa Arab. Dengan bocornya informasi ini dengan serta merta penggunaan kertas merambah ke Jazirah Arab.

Kemudian kapankah penggunan kertas merambah ke Eropa? Menurut beberpa sumber bacaan itu terjadi di sekitar abad ke-12, yang kemudian juga melesatkan peradaban di Benua Biru itu.

Kini penggunaan kertas hampir-hampir tidak bisa dihindari. Meski dunia semakin canggih dengan pemanfaatan teknologi digital tidak serta merta menghilangkan peranan penggunaan kertas. Sebelum penggunaan kertas manusia umumnya menggunakan bahan semacam bongkahan batu, pelepah dan kulit hewan, untuk di Negeri China sendiri terkenal menggunakan bambu.

Seberapa pentingkah Penemuan Kertas bagi peradaban Manusia? Jawabannya sangat penting, karena memudahkan transformasi kabar dan ilmu pengetahuan. Bahkan karena dianggap sebagai salah satu penemuan yang sangat penting Ts'ai Lun Si Penemu Kertas masuk pada peringkat ke-7 dalam Buku Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah karya Michael H. Hart.



Post a Comment for "Ts'ai Lun Si Penemu Kertas"