Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Jualan Online Untuk Pemula

Alasan Penulis menulis bab ini bukan karena ingin menggurui, tapi sekedar ingin berbagi pengalaman pribadi untuk para pembaca atau para pemula bisnis online yang mungkin sedang berfikir bagaimana cara memaksimalkan pendapatan jualan online.
 
5 Tips Jualan Online Untuk Pemual

Serta kebetulan tulisan ini dibuat pada saat wabah Corona / Covid 2019 yang membuat masyarakat tidak dapat produktif di dunia nyata / kegiatan pasar tradisional.
 
Mau tidak mau kita harus belajar mencari uang di internet dengan menekuni Bisnis Online atau Online Marketing atau istilah lebih sederhananya Jual Beli Online.
 
Tulisan ini sendiri aku tujukan untuk kawan-kawan, emak-emak pebisnis rumahan dan masyarakat awam yang ingin mengetahui cara bisnis / jual beli di internet. Untuk ahli, sudah tentu mereka lebih paham dan menguasai wilayah ini.
 
Berikut adalah tips dan trik cara memasarkan produk dengan totalitas di internet, Mudah! hanya perlu melakukannya!

1. Membuat Akun di Market Place, Mulailah Dari Sini!

Langkah yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di Market Place semisal Toko Amplop Lebaran 2024, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya yang berguna sebagai Online Shop Utama anda. Anda harus mendaftarkan diri anda jika ingin totalitas memasarkan produk.

Mengapa di Market Place?! Karena masyarakat cenderung percaya atas garansi yang disediakan oleh penyelenggara Market Place.

2. Kaitkan Link OlShop Ke Medsos

Langkah kedua, anda perlu mangaitkan Toko Online anda yang ada di Marketplace ke akun-akun medsos yang anda miliki. Sebaiknya anda menyesuaikan Medsos apa saja yang menjadi trend di wilayah / negara anda. Berhubung kita ada di Indonesia, media sosial yang paling awam digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Line, Linkedin, Tiktok dan Website.

Jika anda belum mempunyai akun di Medsos tersebut maka mulai sekarang anda perlu membuatnya. Setelah anda mempunyai akun-akun Medsos tersebut silahkan kaitkan link Online Shop anda ke profil anda.

Selain itu, Akun Medsos tersebut nantinya menjadi "medan Juang" untuk anda untuk pengiklanan produk-produk yang anda jual, baik itu produk material maupun produk jasa.

Medsos adalah alat pemasaran dan tempat kampanye iklan yang potensial untuk berjualan online.

 3. Menggunakan WhatsApp Business

Kebanyakan kita pasti menggunakan aplikasi WhatsApp reguler atau yang biasa. Mulai sekarang jika ingin totalitas sebaiknya anda menggunakan WhatsApp Business.

Kelebihan dari WhatsApp Business sendiri adalah anda juga bisa mencantumkan Link Olshop anda. Selain itu adalah adanya fitur balas otomatis yang sangat berguna untuk mengkampanyekan Online Shop anda.

WhatsApp Business ini juga bisa dikaitkan dengan akun Facebook anda.

Penting! Setelah anda menggunakan WhatsApp Business ini, sebaiknya anda sortir / blok semua nomer yang tidak ada kaitannya dengan bisnis.

Akan tidak asyik ketika anda menunggu jawaban dari partner bisnis pada aplikasi yang sama yang anda gunakan untuk hubungan keluarga dan pertemanan, anda bisa kesusahan dalam mengidntifikasi kepentingan.

4. Membuat Blog / Website

Membuat Blog! Yap buatlah blog atau website yang berguna untuk mengkampanyekan Online Shop anda / Branding. Semisal dengan blog ini aku bisa lampirkan link produk dari olshop marketplace yang aku kelola. Dengan cara backlink ini diharap akan menambah potensi pengunjung mampir dan membeli produk.

5. Memasang Iklan Berbayar

Setelah 4 tahap diatas terpenuhi kini saatnya anda mengiklankan Online Shop anda.  Pengiklanan bisa dilakukan di wilayah internal market place maupun di luar, seperti melalui Google Ads, Tiktok Ads atau Facebook Ads.

Jika semua sudah dilakukan, sebenarnya anda sudah totalitas dalam berusaha jualan online, soal keberuntungan, serahkan saja pada Tuhan, sekali lagi anda sudah melakukannya dengan totalitas.