Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istilah Yang Terdapat Pada Google Adsense

Sebagaimana Blogger dan Youtuber pada umumnya, adalah wajar jika terobsesi dapat ikut serta menjadi penayang dari layanan Google Adsense.

Tapi tidak sedikit pula yang masih belum memahami arti kata / maksud dari istilah-istilah yang ada di dalam petunjuk di google adsense. Mari kita lihat beberapa maksud dari istilah-istilah tersebut, apa sih maksudnya?

Penjelasan Singkat Tentang Arti Kata, Maksud Dari Istilah Yang Terdapat Pada Google Adsense
Tentang Apa Itu Google Adsense?
Pertama mari pahami dahulu apa itu Google Adsense, menurut sumber dari wikipedia, Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Dengan demikian, sederhananya Google di sini bisa dikatakan sebagai broker iklan.

Pemasang iklan menyerahkan urusan iklannya pada Google, kemudian Google meletakkan iklan-iklan tersebut yang berupa gambar dan link pada blog / website atau produk-produk Google lainnya semisal Adsense untuk Blogger dan Adsense untuk Youtube atau Admob untuk aplikasi.

Memulai Menjadi Publisher Google Adsense Dengan Membuat Blog

Meskipun kini Youtube sudah menjadi semacam pilihan utama bagi orang-orang, tapi yang perlu diketahui, salah satu yang paling mudah agar bisa menjadi Publisher Google Adsense adalah dengan membuat blog dengan hosting gratisan dari Google yaitu Layanan Blogger. Dengan membuat blog, akun kamu akan mudah diaprove oleh Google Adsense, untuk cara pembuatannya bisa kamu lihat di link: cara membuat blog di blogspot.

Tentang Arti Kata, Maksud Dari Istilah Yang Terdapat Pada Google Adsense

Kita mulai dari yang kita butuhkan untuk memahami istilah-istilah dalam Google Adsense.

  • Arti Kata Page Views Pada Adsense

Jika di alih bahasakan Page View artinya keterlihatan ikaln pada halaman. Prakteknya adalah tentang seberapa banyak iklan yang tampil pada halaman blog / postingan.

Jadi dalam postingan yang kita unggah kadang menampilkan semua slot iklan yang kita pasang, kadang hanya beberapa saja yang nampak.

Faktor ini tentu dipengaruhi oleh banyak hal, diantaranya siapa yang mengunjungi, kueri dan atau kata kunci apa yang terlibat di dalamnya, antara kata kunci yang dibidik oleh pemasang iklan dan kata kunci dari artikel.

Sederhananya itu urusan kebijakan dari Adsense, apakah dia mau menayangkan suatu iklan atau tidak pada artikel kita sesuai pedoman mereka.

  • Arti kata Klik / Click Ads

Sebagaimana kita tau apa maksud / arti dari kata klik, adalah apakah sebuah tayangan iklan pada artikel diklik atau tidak oleh visitor / pengunjung blog dan youtube.

Kapan Klik dinilai sebagai sebuah kilk, itu juga bergantung pada mekanisme atau aturan yang dijalankan oleh adsense. Dalam beberpa kasus nilai klik bisa dianggap bukan klik alias dianggap invalid klik.

Contoh kasus jika kita mengklik iklan yang ada di blog kita sendiri, kemudian mesin adsense akan membacanya sebagai suatu kesalahan alias klik tersebut tidak bisa dimonetisasikan.

Bagaimana sistem kerjanya?! ya saya gak tau, yang menilai bahwa suatu klik itu benar atau salah itu mesinnya adsense.

  • Cost Per Clik / CPC

CPC atau Cost Per Clik adalah nilai biaya yang diterapkan pada sebuah iklan. Nilai ini tentunya berbeda-beda, karena para pemasang iklan pastinya mempunyai tarif yang berbeda-beda antara yang satu dan yang lainnya.

Dan saya tidak tau berapa biaya yang dipasang oleh si pengikan untuk setiap klik. Itu urusan internal antara pemasang iklan dan Adsense.

Dari pemahaman ini kita jadi mengerti mengapa ada isu tentang iklan bernilai murah dan iklan yang bernilai tinggi.

Istilah CTR / Click Through Rate

CTR adalah sebuah konsep atau rumusan yang secara sederhana adalah hitung-hitungan pembagian antara Page Views dibagi Click.

Contoh Kasus:
-Page Views 1000
-Klik iklan oleh visitor sebanyak 100 kali
-Maka CTR nya adalah 1000:100= 10 CTR (10% dari 1000 tayangan)

Sementara ini dulu yak, nanti kalo ada sempat, aku tambahin beberpa istilah lain terkait sebutar istilah pada program Google Adsense dalam postingan ini.