Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Terbaru Membuat Blog Di Blogger

Sebelum membuat blog sebaiknya mari kita pahami dahulu pengertian ini, Blogger Atau Blogspot adalah sebuah layanan publikasi blog atau platform yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Secara sederhana platform blogger adalah tempat pembuatan blog yang kelengkapan data-data penggunanya ditempatkan dalam wadah atau hosting di Google. Blog juga adalah salah satu jenis website.

cara membuat blog di blogger terbaru

Tahapan Cara Membuat Membuat Blog

Perlu diketahui bahwa artikel cara membuat blog ini ditulis berdasar pengalaman personal, sehingga, jika anda menyimak dengan baik maka akan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang pernah aku alami.

1. Membuat Akun Gmail

Di tahap ini pastinya anda semua sudah bisa, hanya saja yang penulis khawatirkan adalah tentang keseriusan anda memelihara akun email tersebut.

Akan sangat merugikan jika anda sudah membangun blog sampai pertengahan jalan, kemudian terhenti sebab lupa password Gmail. Yap intinya jika ingin serius membuat blog anda perlu memelihara Akun Gmail anda.

Seperti kita ketahui bahwa layanan blogspot disediakan oleh Google maka anda tidak bisa menggunakan Akun Email diluar Gmail, jadi ingat yah, Blogspot hanya bisa digunakan oleh orang yang mendaftarkan dirinya ke layanan Gmail Google.

2. Membuka Atau Login Ke Layanan Blogger

Selanjutnya setelah urusan membuat akun Gmail selesai, apa yang perlu anda lakukan adalah menuju ke alamat Blogspot.com di browser anda. Silahkan gunakan Akun Gmail anda untuk memasukinya.

Oh iya ketika anda ingin fokus membuat blog sebaiknya anda menggunakan laptop atau atau komputer. Jika anda memaksakan menggunakan smartphone maka akan membuat anda susah sendiri.

3. Membuat Judul Blog Dan Alamat Blog

Setelah masuk ke pusat / dashboard blogspot, sejenak perhatikan dahulu isi dari menu-menu yang ada. Ini perlu supaya otak kita menangkap maksud dari menu-menu yang ada di Panel Blogspot.

Selanjutnya untuk membuat blog adalah dengan cara klik untuk membuat buat blog baru di bawah ikon Blogger yang ada di pojok kiri atas layar komputer anda. hingga muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Pada kolom isi Judul Blog silahkan isi dari judul blog anda, sekreatif anda saja dan sesuaikan tema blog yang akan anda bahas, istilahnya niche.

Misalkan anda akan membuat blog tentang cara jualan onlline maka kurnag lebih judul blognya Cara Jualan Online Kekinian, atau semacamnya.

Kemudian pada isian Alamat Blog, silahkan anda isi juga sesuai selera. Penting! Bagian ini adalah bagian yang akan dibaca oleh perayap di internet sebagai blog anda, menjadi teks URL -nya.

Sesuai contoh diatas, semisal judul blognya Cara Jualan Online Kekinian, maka sebaiknya nama alamatnya juga seperti judul tersebut atau setidaknya tidak beda jauh dengan judul blog hanya saja tanpa ada sepasi, Misalnya;

- tipsjualanonline.blogspot.com
- jualanonlinemasakini.blogspot.com.

Kemudian klik oke, maka blog anda sudah jadi, hanya saja di tahap ini halaman website baru berisi judul blog.

4. Memilih Template Blog

Sebelum menulis banyak artikel, ada baiknya anda memilih tema / template blog. Sesuaikan dengan selera anda, caranya adalah dengan klik Menu Tema pada dashboard blogspot dan pilih salah satu tema yang ada yang anda sukai.

5. Membuat Halaman Utama

Halaman adalah menu yang ada di panel blogspot yang cenderung berfungsi untuk menulis informasi yang statis / tidak berubah. Cara membuatnya ada di dasborad pada menu yang berjudul HALAMAN.

Bagian ini umum digunakan untuk membuat keterangan:
  • About / Tentang Blog
  • Kontak
  • Daftar Isi
  • Privacy-Policy

Menu Dashboard Blogger

Membuat halaman ini penting, salah satu hal terpenting sebelum anda menulis banyak artikel.
Fungsi halaman-halaman ini adalah untuk memberi tahu pengunjung blog perihal anda, tentang blog anda dan bagaimana pengunjung bisa menghubungi anda.

Jadi sebelum anda menulis banyak artikel untuk diposting ke blog sebaiknya anda menyelesaikan dulu pembuatan halaman.

6. Memberi Deskripsi Singkat

Ini adalah bagian penting lainnya setelah pemberian nama / judul blog. Pada bagian setting silahkan anda tulis deskripsi singkat tentang isi blog anda.

Bagian deskripsi ini penting, gunanya agar memberi tahu mesin perayapan google tentang tema apa yang paling mewakili dari blog anda, agar google bisa menyuguhkan hal-hal yang relevan pada para pencari.

Berikut ini contoh deskripsi blog aku :

Mem-verifikasi Blog Ke Google Webmaster

Ketika 6 langkah pertama pembuatan blog di atas sudah dikerjakan, kini saatnya anda mendaftarkan blog anda di Google Search Console (GSC).

Fungsi pendaftaran blog ke GSC adalah agar blog anda masuk dan ter-index Google, sehingga ketika seseorang mencari blog anda, blog anda bisa ditemukan.

Langkah detail cara membuat blog selanjutnya adalah 👉 proses mendaftarkan blog ke GSC.

Post a Comment for "Cara Terbaru Membuat Blog Di Blogger"