Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Publisher Dan Advertiser

Pemahaman awam tentang maksud dari arti kata Publisher dan Advertiser. Ini perlu dipahami biar kita yang tertarik ingin terlibat meramaikan dunia periklanan tidak kesusahan membedakan dua maksud yang sering digunakan.

Kadang maksud yang sederhana terasa runyam dimengerti sebab apa?! Sebab banyak sekali istilah di dunia ini, hehhe.

Arti kata dan perbedaan advertiser dan publisher

ARTI KATA PUBLISHER

Publisher adalah individu dan atau entitas dari sebuah perusahaan yang memiliki media. Media / alat ini bisa berupa media berbentuk fisik berupa kertas, papan atau semisalnya dan media online semisal blog, channel dan halaman media sosial lainnya.

Jika kita memiliki salah satu media di atas, berarti kita memiliki kesempatan untuk berperan sebagai Publisher.

ARTI KATA ADVERTISER

Advertiser adalah individu atau entitas perusahaan yang menawarkan kerjasama pada orang atau entitas lainnya untuk mengiklankan produk / jasa yang mereka miliki.

Secara sederhana, Advertiser adalah orang / entitas yang mempunyai produk atau jasa yang membutuhkan publisher untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan pada khalayak ramai.

Contoh kasus sederhana:
Pihk A mempunyai produk berupa mesin cuci, kemudian Pihak A meminta Pihak B untuk memperkenalkan produk tersebut pada masyarakat.

Maka Pihak A kita sebut Advertiser dan Pihak B kita istilahkan Publisher.

Dalam prakteknya kadang tidak sesimpel kasus di atas dan melibatakan lebih dari 2 pihak. Secara sederhana pihak lain yang dilibatkan, dalam kamus masyarakat awam biasa distilahkan dengan nama makelar / calo.

Semacam Adsense dan semisalnya, sederhananya mereka adalah makelar yang menghubungkan 2 pihak, yaitu Advertiser sebagai yang memasang iklan dan Publisher sebagai yang mengkampanyekan iklan.

Advertiser Dan Publisher

Dalam prakteknya, kedua predikat ini bisa disandang oleh siapapun yang terlibat periklanan di dalamnya, hanya kadang dalam permainanya dibatasi oleh peratuaran yang telah disepakati sebelumnya.

Contoh Kasus:
Pihak A menawarkan iklan pada Pihak B

Dalam prakteknya, berhubung Pihak B memerlukan masa yang banyak agar kampanyenya efektif, maka Pihak B meminta Pihak C untuk mengumpulkan masa (dalam konteks website biasa diistilahkan kebutuhan akan traffic yang tinggi).

Jadi predikat masing-masing pihak adalah sebagai berikut:
  • Pihak A adalah Advertiser
  • Pihak B adalah Publisher sekaligus Advertiser
  • Pihak C adalah publisher.

Istilah memang kadang membuat runyam pemahaman, maka secara padat dan singkat Advertiser adalah Pemasang Iklan, sementara Publisher adalah pihak yang mengkampanyekan / pem-publikasi iklan. Baca Juga Artikel Tentang Cara Jualan Online Di Tik tok : https://www.sidikis.my.id/2022/09/prinsip-dasar-cara-jualan-online-tiktok.html

Post a Comment for "Perbedaan Publisher Dan Advertiser"