Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Modal Pemahaman Yang Harus Dimiliki Blogger Pemula

5 Modal Pemahaman Yang Harus Dimiliki Blogger Pemula

Sebagai blogger terutama yang otodidak tentu akan menghadapi masalah-2 yang tidak jauh beda antara yang satu dengan yang lainnya. Kita kerap akan menghadapi kejutan-kejutan diluar perkiraan kita.
Bagi blogger yang benar-benar pemula akan butuh waktu yang tidak sedikit untuk menyadari bahwa diri ini masih butuh banyak pelajaran dan pengalaman, perlu modal pemahaman yang banyak.

Dalam dunia blogging trial dan eror adalah bagian yang tidak bisa dihindari. Setiap saat kita akan menemui masalah-masalah atau hal baru, yang mana masalah itu juga akan mendidik kita dalam urusan ngeblog, maka Modal Awal yang diperlukan bagi pemula adalah suatu keharusan.

5 Modal Awal Membuat Blog Untuk Pemula

Berikut adalah beberapa Modal Dasar yang perlu diketahui dan dikuasai oleh blogger pemula dan otodidak untuk membuat dan mengembangkan blog.

Blogger Pemula Harus [Minimal] Paham Bahasa Inggris

Tidak harus memahami dan bisa mengucapkan bahasa Inggris dengan fasih dan totalitas. Tapi blogger memang sebaiknya dapat memahami kosakata-kosakata dasar bahasa Inggris. Mengapa?! Karena memang blogger akan menemui banyak petunjuk-petunjuk atau istilah dari layanan blog yang mengunakan bahasa inggris.

Jika kita benar-benar tidak mengetahui bahasa Inggris sama sekali maka hampir pasti kita akan menghadapi kesulitan yang paling mendasar.

Blogger Perlu Memahami Template Blog

Untuk yang benar-benar memulai blogging biasanya akan fokus pada kegiatan menulis. Saat-saat seperti itu biasanya kita belum tahu bahwa ada sesuatu yang tidak terlintas di fikiran, yaitu masalah tampilan blog, dan bagian ini tidak bisa lepas dari penggunaan template blog.

Kita biasanya baru menyadari ada sesuatu yang kurang pada blog saat kita melakukan kunjungan ke blog lain. Kita melihat tampilan blog mereka tidak seperti yang kita gunakan. Kita akan menyadari bahwa ternyata mereka menggunakan tampilan dari template custom, alias bukan template bawaan dari blogspot.

Dari kasus tersebut, maka salah satu modal awal yang penting dalam membuat blog / website adalah memahami bagaimana cara mengotak-atik template blog yang digunakan.

Pemula Minimal Tahu Fungsi Script

Ini juga kaitannya dengan tampilan blog, jika anda benar-benar blogger otodidak [ seperti aku ] dan mulai menggemari blogging, maka dengan serta merta anda harus berusaha memahami script-script yang kerap digunakan untuk mengoptimasi blog baik untuk tampilan maupun untuk kegunaan lainnya semisal script anti bom klik ini yang berguna untuk mencegah invalid klik untuk Google Adsense.

Sebagai seorang blogger yang tujuan utamanya menulis memang tidak wajib menguasai script atau bahasa-bahasa kode lainnya, tapi percayalah dengan beberapa sedikit pemahaman akan fungsi kode-kode / script tersebut maka akan banyak membantu.

Soal pentingnya memahmi fungsi-fungsi script ini, kadang sebenarnya kita hanya perlu kopi-past3, tapi kopi -past3 script-pun jika kita tak memahami maksudnya maka juga akan percuma, hanya akan membuat kita bingung dalam mempraktekkannya.
Jika kita tidak bisa menguasai, minimal kita bisa memahami maksud / fungsi-fungsi dari kinerja Java Script, CSS dan HTML.

Kemampuan memahami fungsi berbagai macam script ini biasanya akan berkembang seiring waktu, meski akan melalui banyak kesalahan dalam prakteknya.

Blogger Perlu Mengikuti Informasi Perkembangan Blog

Isue penting itu antara lain adalah tentang update-update dari Google; Search Console, Analytics, ada lagi perihal isu SEO, Da dan Pa, update template dari penyedia, trend blog terkini dan lain sebagainya.
Prinsipnya, kita perlu aktif blog walking, membaca berita dari blog lain, memantau perkembangan dunia blogging yang memang tradisinya progresiv / selalu ada update terbaru, dengan cara itu kita bisa mengoptimasi keberadaan blog di internet.
Belum lagi terdapat banyak istilah yang perlu kita pahami dalam blogging. Dengan aktif mengikuti perkembangan informasi seputar blog maka wawasan kita tidak tertinggal dan bisa mengimbangi perkembangannya. Memahami banyak istilah akan memudahkan kita menemukan solusi saat menemui kendala.

Blogger Harus Gemar Mencari Ide

Modal Pemahaman Untuk Blogger Pemula selanjutnya yang diperlukan bagi pemula adalah gemar mencari dan memperkaya IDEA, ide memang sesuatu yang mahal, itu mengapa ada perlindungan hak cipta. Kalau kamu sudah suka ngeblog dan pengin jalan terus, maka kamu memerlukan ide untuk dituangkan dan diposting, karena artikel adalah daging, bagian yang paling ingin dinikmati oleh pengunjung blog.

2 comments for "5 Modal Pemahaman Yang Harus Dimiliki Blogger Pemula"

  1. Terimakasih gan artikel sangat bermanfaat

    www.koraninformasi.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak kaka, berguna untuk tingkatkan engagement | komentar tanpa tautan hidup | link cukup di profil kaka aja | komentar spam akan dihapus, terima kasih.

Ttd:
Domain.My.Id Hosting Gratis