Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Posting Artikel Blog Pertama Kali

Posting Artikel Blog Pertama Kali

Cara menulis artikel di blog bisa saja mudah tapi pada momen tertentu bukan perkara mudah, bahkan cukup sulit. Bagi anda yang pertama kali ingin menulis untuk posting artikel blog hal paling susah biasanya menemukan ide dan mengembangkannya, Itu mengapa ide mahal, bahkan hingga melahirkan Peraturan Hak Cipta.

Postingan ini adalah kelanjutan dari Tutorial Cara membuat Blog sebelumnya. Menulis artikel di blog bisa saja mudah tapi pada momen tertentu bukan perkara mudah

Tapi untuk pemahaman dasar, anggap saja anda sudah mempunyai ide untuk dituangkan menjadi artikel blog. Selanjutnya mari siapkan dulu hal-hal yang diperlukan agar artikel pertama anda minimal menjadi sebuah artikel layak baca.

Berhubung ini adalah post artikel blog pertama anda, apa yang perlu dilakukan hanyalah menulis seperti hanya mengarang.

Unsur Penting Membuat Artikel Blog

Jika anda benar-benar pemula dalam blogging, apa yang perlu dilakukan saat menulis artikel blog hanyalah unsur-unsur di bawah ini.

  • Judul Blog

Tulislah judul sesuai atau mewakili konten yang akan anda tulis. Perlu diketahui, penulisan judul artikel akan berdampak pada minat pengunjung nantinya. Judul artikel sangat mempengaruhi daya minat pembaca.

  • Isi Konten Artikel Blog

Mulailah menulis, mengalirlah seperti anda mengarang cerita. Mungkin akan terasa berat atau susah jika ini adalah postingan artikel pertama anda. Ada perasaan seakan tulisan anda buruk, tapi percayalah, lanjutkan! Semua penulis / blogger pernah mengalaminya.

Apa yang perlu anda lakukan hanyalah hindari meng-copy karya tulis orang lain. Jika anda melakukannya, bukan cuma buruk kebiasan anda tapi juga akan dilihat sebagai kelakuan buruk oleh Google.

Untuk pertama kali menulis artikel blog, anda tidak perlu tergesa-gesa, jika memang anda baru sanggup menulis 2 sampai 3 alenia itu tidak masalah, artikel ini bisa kita edit atau tambah suatu waktu nanti.

  • Sisipan Gambar
Jika anda sudah selesai menulis, apa yang selanjutnya perlu dilakukan adalah menyisipkan gambar atau foto untuk mewakili dan mempercantik artikel anda. Anda bisa mengunggah foto hasil jepretan kamera maupun foto ilustrasi hasil rekayasa software.

Anda juga bisa menggunakan foto di internet dengan syarat foto tersebut bebas untuk digunakan. Atau dengan cara aman yaitu melampirkan keterangan sumber foto di bawah foto.

Cara mengunggah foto untuk blog sangat mudah anda tinggal klik menu atas, klik Insert Image dan upload! Setelah foto atau gambar diunggah, silahkan klik gambar tersebut dan klik Properties! Berilah Title Text dan Alt Text sebuah keterangan.

Jika anda sudah selesai menulis, apa yang perlu anda lakukan adalah Publikasikan posting artikel, sekarang silahkan menuju blog anda dan klik artikel tersebut.

Update Artikel Blog Di Google Search Console

Jika anda sudah membaca postinganku di Cara Membuat Blog anda seharusnya paham fungsi GSC ini. Okeh silahkan menuju Google Search Console, klik pada menu Peta Situs. Di sini anda tuliskan peta situs anda dengan contoh formatnya sebagai berikut:
https://www.sidikis.blogspot.com/sitemap.xml
Silahkan ganti alamat blog sesuai dengan alamat milik anda. Klik Kirim dan selesai sudah tahapan yang baik dan benar cara menulis postingan blog anda untuk pertama kali.

Jika anda ingin memahami lebih dalam bab istilah bloging di blogger ini, anda bisa mengunjungi tautan ini: 

Kini artikel blog anda sudah terdaftar di indeks Google. Selamat! Setelahnya anda tinggal konsisten memelihara blog dengan cara rajin membuat artikel.

2 comments for "Cara Posting Artikel Blog Pertama Kali"

  1. Salam kenal bro.. Untuk artikel enaknya memang nulis aja.. hanya kadang jadi mandek karena godaan pengen nulis artikel yg dicari banyak orang tapi sulit.. jadinya mandek dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kawan, tapi sepengalaman ku, jika kita konsisten, kita akan menemukan / cenderung menulis apa yang kita suka, masalah godaan ingin menulis bab yg banyak dicari, aku pikir itu karena godaan moneteize,

      aku menulis bab cara menulis artikel blog ini juga berhubung mengalir saja, kalo minat utamaku sebenarnya menulis cerpen...

      Delete

Silahkan tinggalkan jejak kaka, berguna untuk tingkatkan engagement | komentar tanpa tautan hidup | link cukup di profil kaka aja | komentar spam akan dihapus, terima kasih.

Ttd:
Domain.My.Id Hosting Gratis