Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Optimasi Judul Artikel Blog Yang Menarik Klik

Link manakah yang berpotensi akan kamu klik saat searching di google, ketika menemukan judul biasa saja yang berisi konten berkuwalitas atau judul yang menarik tapi isinya biasa saja? Hampir pasti kamu akan klik link yang mempunyai judul menarik.

Judul Artikel Menarik Klilk

Atau kasus lain, semisal kita sudah di dalam halaman blog sesorang, pasti kita abaikan judul postingan yang tidak menarik, meskipun mungkin di dalam beberpa judul yang tidak menarik tersebut terdapat artikel yang bagus dan berkuwalitas.

Dari kasus ini kita menjadi tahu betapa pentingnya fungsi dari seuatu judul dalam pembuatan artikel blog. Akan menjadi horor ketika kita punya postingan bagus tapi tidak diberi judul yang menjual, mempunyai daya tarik. Hukum ini mungkin tidak berlaku jika kamu seorang artis, publik figur atau blogger yang sudah kadung jadi panutan.

Disisi lain hal-hal buruk dari keyakinan bahwa judul yang menarik akan memantik klik adalah kerap dimanfaatkan untuk aksi Click Bait (tidak singkron dengan isi, bahkan keluar konteks) , tapi ya gak apa-apa..., namanya juga orang, usaha nyari duit yak..?

Jenis Judul Dengan Daya Tarik Klik

Judul artikel yang menarik akan mensugesti orang untuk mengklik tautan, berikut beberpa gaya judul yang bisa kamu terapkan pada artikel blog.

  • Judul Artikel Menggunakan Sebutan Angka

Cara pemberian judul dengan angka kerap memberi kesan pada calon pembaca bahwa isi artikel bersifat padat dan informatif.

Seperti kita tahu kebanyakan kita lebih suka membaca tulisan yang singkat tapi mudah dipahami, btw, aku tau kalian melewatkan alenia pertama saat membaca postingan ini.

Jadi jika isi postingan blog memang tentang point-point, lebih baik kita gunakan judul dengan penomeran, misal 10 Fakta Tentang Band Nirvana.

  • Judul Postingan Menggunakan Kata Tanya "....?"

Penggunaan kata tanya pada judul akan memantik pemikiran bahwa isi artikel adalah sebuah jawaban dari apa yang sedang dipertanyakan oleh pengunjug. Misal ;
  • Bagaimana Cara Membuat Artikel Copywrite?
  • Kapan Waktu Terbaik Untuk Olah Raga?
Dan semisal kata tanya lain yang mempunyai kata tanya; Apa, Kapan, Dimana, Siapa, Berapa.

  • Judul Bersifat Solusional

Ciri Khas dalam pengunaan judul pstingan ini adalah menggunakan cara memantik calon pengunjung dengan konsep to the point.

Salah satu judul yang sangat ampuh untuk mendapatkan klik. Gaya judul ini kerap dipraktekan untuk artikel jenis life-hack, semisal ;
-Cara Gampang Agar Android Ngebut Saat Main Game,
-Cara Membuat Deskripsi SEO Pada Blog

Dalam prakteknya, cara ini juga kerap dikombinasikan dengan gaya pemberian judul yang menggunakan teknik penomeran.

  • Judul Bersifat Menerka Pembaca

Penggunaan teknik ini, maksudnya adalah sebuah cara pemberian judul yang dibuat guna memperoleh klik dari calon pembaca yang penasaran, sehingga orang-orang yang ditarget berpotensi nge-klik tautan.

Tentu judul sudah dirancang dengan optimasi agar menyasar terget tertentu. Contoh:
Apa Anda Sedang Cari Pasangan?!
Apa Anda Sedang Butuh Uang Cepat?!

Praktek ini kerap juga digunakan dalam misi copywrite, periklanan.

Pentingnya Optimasi Judul Artikel

Teori diatas menyiratkan pesan betapa pentingnya perencanaan dalam pembuatan judul artikel adalah bagian dari usaha untuk mengoptimasi blog juga. Cara ini akn lebih diperlu untuk  diterpakan pada postingan artikel yang kita unggulkan.
Dari puluhan atau ratusan artikel yang kita tulis kan niche / temanya berbeda-beda, kita bisa mengadaptasi poin-poin di atas dan diterapkan sesuai masing-masing tema.
Dengan pemahaman tersebut kita harus berusaha membuat judul sebaik mungkin agar konten artikel berkuwalitas yang sudah anda tulis lebih berpotensi diklik oleh pembaca, iya membuat judul yang dioptimasi.

Post a Comment for "4 Cara Optimasi Judul Artikel Blog Yang Menarik Klik"