Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memasang Domain Custom Apapun Di Blogger

Artikel selanjutnya tentang tutorial cara membuat blog di blogspot adalah tentang cara membeli domain dan memasangnya di blogger.

Sekali lagi saya paham betul tentang kendala bloger pemula, terlebih bloger otodidak yang berangkat cuma dari modal rasa penasaran dan keinginan untuk memiliki blog sendiri, anda masih awam mirip saya 😔.

Posting Tentang Cara Menerapkan Domain pada Blog kali ini adalah seri kelanjutan dari tahapan sebelumnya tentang cara membuat blog dan cara memasang template custom / premium.


Pengertian Domain

Sebelumnya mari pahami dahulu makna domain secara sederhana. Menurut KBBI, Domain secara bahasa berarti wilayah.

Kemudian dalam kaitannya dengan jaringan internet makna Domain menurut Wikipedia adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau pun internet.
Sederhananya, Domain itu yang berbunyi semisal ; .id, .com, co, .cc, .web.id, my.id, dll.
Sudahlah kita akhiri saja soal memahami tentang makna domain, aku sendiri kadang malah tersesat di rimba istilah. Praktek saja langsung.

Cara Dan Di Mana Membeli Domain

Cara membeli Domain itu mudah! seperti hanya anda membeli produk di market place semacam Shopee, Tokopedia dan lainnya, pesan-bayar-proses.
Untuk Situs Penyedia Domain (Registrar) sendiri sangat banyak, misalnya ada; Niagahoster, Domainesia dan banyak lagi.
Untuk membeli produk ini anda harus mendaftar dahulu ke salah satu Penyedia Domain tersebut. Setelah mendaftar, silahkan memilih nama domain yang anda inginkan.

Pastikan nama domain anda keren! Orang-orang suka hal-hal keren :). Mau pilih TLD / Top Level Domain yang murah atau yang ekslusiv itu hak anda, aku sendiri memilih domain.my.id, eheheh.

Tahapan Transfer Domain Ke Blogspot

Setelah anda membeli domain kini saatnya mentransfer ke subdomain blogspot. Biasanya ada petunjuk dari penyedia hanya saja kadang gaya bahasa dan banyaknya istilah sedikit membingungkan untuk beberapa orang.

Jadi berikut adalah tahapan mudah cara transfer domain ke blog di blogspot untuk anda yang masih baru memulai menekuni dunia blog. Aku pribadi lebih enak dengan istilah Menempelkan Domain.

Bukalah 2 Tab di browser anda, 1 tab untuk dasboard blogspot dan 1 tab lagi membuka panel kontrol domain tempat anda membelinya.

1. Tambahkan Nama Domain Ke Blogspot
Masuklah ke dashboard blogspot dan klik bagian Setelan Blog, kemudian silahkan tambahkan domain yang anda beli di bagian Custom Domain. Anda akan menemukan CNAME yang bersisi kode / script.

2. Masuk Tab Panel Domain
Kemudian silahkan copy script yang muncul dan tempelkan ke masing-masing kolom sesuai petunjuk Registrar yang ada pada DNS di dashboard penyedia domain.

3. Menunggu Proses
Setelah semua dilakukan, apa yang perlu anda lakukan hanyalah menunggu subdomain blogspot beralih ke domain baru. Proses ini biasanya tidak lama jika anda melakukannya dengan benar.

Dan apa bila ada masalah yang perlu anda tanyakan, jangan ragu untuk menghubungi customer service, mereka akan memandu dan membimbing anda.

Sejauh yang aku tahu pelayanan dari penyedia Domain seperti Niagahoster cukup responsiv dan memuaskan.

Post a Comment for "Memasang Domain Custom Apapun Di Blogger"