Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Macam Jenis Artikel

Pengertian Artikel adalah karya tulis berkisar antara 300 hingga 1000-an kata yang memuat pembahasan tema tertentu yang padat akan informasi tentang bahasan tertentu pula di dalamnya.

Dalam perkembangannya, untuk memudahkan pemahaman dalam komunikasi maka artikel perlu dikelompok-kelompokan [mirip pembagian-pembagian pada mata pelajaran di sekolah, lah].

Kalau ilmu itu tidak dikelompok-kelompokkan dalam bentuk mapel maka kita akan susah mempelajarinya.


Macam Jenis Artikel Dan Pemahamannya

Sebenarnya sih gak cuma artikel buat blog, penambahan kata "blog" pada judul postingan ini hanya sebagai pemanis.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah karya tulis yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fakta sehingga artikel dapat menuntun pembaca dalam menggambarkan apa yang ditulis. Deskripsi bisa dikatakan sebagai artikel yang berisi pemberitahuan atau petunjuk.

Ciri artikel adalah penggambaran tentang objek yang dibahas. Contoh Artikel Deskripsi antara lain; Tulisan yang mengulas tentang smartphone atau ulasan spesifikasi laptop.

Artikel Narasi

Artikel Narasi adalah artikel yang ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian.

Karya tulis ini lebih cenderung menceritakan sesuatu yang berurutan atau berkesinambungan antara awal cerita hingga akhir cerita. Simpelnya artikel ini adalah artikel berbentuk cerita.

Ciri khas artikel ini adalah menulis berdasar urutan waktu peristiwa.

Contoh Artikel Narasi antara lain; Cerita pendek [cerpen], komik, artikel untuk drama, pertunjukan panggung dan lain-lain.

Artikel Eksposisi

Artikel Eksposisi ini merupakan karya tulis yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Dapat berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa langkah, cara atau proses mengerjakan sesuatu.

Artikel ini sekilas mirip dengan jenis Deskripsi tapi ada bedanya yaitu semacam petunjuk penyelesaian masalah atau solusi.

Artikel Argumentasi

Artikel Argumentasi adalah artikel; Karya tulis berisi definisi, fungsi, manfaat, peran, atau artikel yang berisi panduan melakukan sesuatu / How To. Contoh misal; Artikel tentang cara meningkatkan trafik blog.

Artikel Persuasi

Artikel ini berupa karangan opini [oleh pribadi, organisasi atau lembaga].  Penulisan biasanya dilatar belakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat, keadaan atau kebijakan.

Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi atau kelompoknya kedalam tulisan secara gamblang, tentu dengan data atau fakta yang mendukung [menurut si penulis]. Sehingga pendapatnya dalam artikel bisa menarik dukungan dari para pembaca.

Artikel jenis ini juga awam diistilahkan Copy-Write, yang kerap dipraktekan dalam praktek promosi.

Pengertian Artikel SEO Untuk Blog

Nah Artikel SEO ini sebenarnya lepas dari jenis-jenis artikel diatas. Sederhananya Artikel SEO adalah sebuah istilah yang memberi pengertian bahwa artikel blog dibuat dengan cara mengoptimasi konten sedemikan rupa agar mudah ditemukan oleh mesin pencarian google.

Post a Comment for "5 Macam Jenis Artikel"