Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Vladimir Lenin Pendiri Negara Uni Soviet

Lenin bernama lengkap Vladimir Ilyich Ulyanov Lenin lahir tahun 1870 di Kota yang dahulunya bernama Simbirsk (yang kini berganti nama Ulyanovsk). Lenin adalah orang yang paling bertanggung jawab atas lahirnya Negara Komunis Rusia. Ayahnya adalah seorang Pegawai Negeri yang baik namun dia juga memiliki kakak bernama Alexander yang konon seorang yang radikal bahkan dijatuhi hukuman mati oleh kekuasaan Tsar. Selain orang yang mengibarkan bendera komunis di Rusia, dia juga yang paling bertanggung jawab atas perluasan faham tersebut meluas ke berbagai negara di dunia.

Lenin sudah khatam dengan ajaran Karl Marx di usia 23 tahun, sebuah faham yang mengotomatisasi dirinya manjadi seorang Marxis. Semangatnya membawa ajaran Karl Marx yang revolusioner membawa resiko, hingga pada tahun 1895 Lenin dijebloskan ke penjara karena berusaha subversif terhadap  pemerintahan Tsar. Lenin menjalani hukuman penjara selama 14 bulan lamanya, kemudian setelah pembebasannya dia dibuang dalam pengasingan ke Siberia.

Vladimir Lenin Pendiri Negara Komunis Rusia

Vladimir Lenin Pimpin Pembentukan Negara Uni Soviet

Masa pembuangan Lenin di Siberia berakhir pada Bulan Februari 1900, untuk kemudian Lenin berkelanan ke Eropa Barat menyebarkan ilmu kemanapun kaki melangkah. Saat Partai Buruh Sosial-Demokrat Rusia guncang dan menjadi 2 kubu, Lenin bergabung dan menjadi pimpinan di kubu yang bernama Bolsheviks.

Saat terjadi Perang Dunia Ke-I Pemerintahan Tsar mengalami kemunduran baik dari sisi militer maupun ekonomi, hal ini membuat warga negara tidak puas hingga berujung penggulingan.

Kemudian Lenin dengan Partai Komunis Bolsheviks-nya mengambil kesempatan tatkala pemerintahan dalam posisi peralihan yang saat itu Negara Rusia diurus oleh Partai-partai Demokratis. Pada tahun 1917 Lenin - Komunis berhasil mengambil alih Rusia dan dia menjadi kepala negaranya.

Dengan Lenin menjadi Pemimpin Rusia maka kemudian pada tahun 1922 bentuk negara menjadi kesatuan yang bernama Uni Soviet (Union of Soviet Socialist Republics = USSR). Sebuah bentuk negara kesatuan yang terdiri dari berbagi unsur wilayah dan bangsa, diantaranya; Ukraina, Georrgia, Belarusia, Armenia, Moldova, Latvia, Uzbekistan, Kazakstan, Estonia, Lithuania dan Tajikistan.

Kematian Vladimir Lenin

Pada bulan Mei 1922 Vladimir Lenin jatuh sakit hingga mengantarkannya pada kematian. Setelah wafat jasadnya diawetkan dengan cara pembalseman dan terpelihara. Jasad pemimpin Uni Soviet itu dibaringkan di Musoleum di Lapangan Merah Moskwa.

Post a Comment for "Vladimir Lenin Pendiri Negara Uni Soviet"