Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menes: Firaun Pertama Pemersatu Mesir

Mesir? Apa yang terlintas di pikiran orang saat mendengar orang lain menyebut Mesir, ya tentu saja tentang Piramida, Cleopatra, Firaun, Mumi dan padang pasir. Kemudian sosok siapakah yang diakui kebanyakan Ahli Sejarah sebagai pendiri cikal bakal dari Mesir? Dia bernama Menes, Menes dianggap sebagai penguasa pertama yang sanggup mempersatukan wilayah Mesir.

Tanggal lahir dan kematian Menes memang tidak dikatahui pasti, tapi para sejarawan memperkirakan Menes hidup dan berkuasa di kisaran tahun 3100 Sebelum Masehi.


Menes Raja Pemersatu Mesir

Mesir Sebelum Menes Berkuasa

Mesir sebelum Menes mempersatukannya adalah terdiri dari 2 wilayah kerajaan yang berdiri sendiri-sendiri yang hampir sama-sama kuat, satu kerajaan berada di sebelah utara Delata Sungai Nil dan satu lainnya berada di sebelah selatan yang merupakan sebuah lembah.
Mesir Kuno adalah suatu peradaban yang berkembang di bagian timur laut Afrika. Peradaban ini terpusat di sepanjang Sungai Nil yang panjangnya 6400 km. Peradaban ini dimulai dengan penyatuan Mesir Hulu dan Hilir sekitar 3150 SM oleh penguasa yang dikenal dengan nama Menes.

Menes yang di sebutan lain bernama Narmer adalah raja / penguasa Mesir bagian selatan. Setelah menaklukan dan mempersatukan Mesir utara dengan Mesir selatan Menes menjuluki dirinya sendiri sebagai Raja Mesir Utara dan Selatan, yang kemudian menjadi gelar selama ribuan tahun berikutnya bagi para Pharao / Firaun.

Masih menurut Buku Seratus Tokoh Yang Paling Berpengaruh Dalam Sejarah, sebelum Mesir melebur jadi satu dalam Kekuasaan Menes, Kebudayaan Mesir kurang maju dan tertinggal dari Kebudayan Sumeria yang terletak di Iraq (saat ini). Salah satu petunjuk perkembangan Mesir menjadi melesat setelah dipimpin oleh Menes adalah penulisan Hieroglyph serta perkembangan teknik lainnya semisal pembangunan-pembangunan tempat tinggal dan tempat umum. Bahakan perkembangan Mesir di bawah Raja Menes dalam abad-abad selanjutnya mampu mengungguli peradaban Sumeria.

Struktur Masyarakat Mesir Kuno

Berikut ini adalah gambaran besar struktur dalam masyarakat pada zaman Mesir Kuno

  • Firaun

Firuan adalah seorang raja dan diyakini oleh masyarakayat sebagai tuhan mereka. Firaun berkuasa dan berwanenang melakukan apapun termasuk membuat hukum pemerintahan dan untuk ketertiban masyarakat, semua struktur di dalam masyarakat berada dalam kekuasaannya, Dan Menes adalah Firaun Pertama.

  • Wazir

Wazir adalah seorang penasehat Firaun, sebagai imam dalam peribadatan dan memiliki wewenang mengawasi jalannya pemerintahan

  • Bangsawan

Golongan yang diberi kekuadan secara otonom, diberi hak mengatur ketertiban masyarakat di wilayahnya masing-masing

  • Juru Tulis

Bertugas mencatat hal-hal yang ditugaskan untuk pendokumentasian

  • Tentara

Sebgaimana umumnya, tugasnya adalah menjaga keamanan wilayah

  • Tukang

Golongan yang pandai dalam bidang pekerjaan, seperti membuat bangunan, tembikar, pemahat, pelukis dan pembuat pakaian.

  • Petani

Golongan yang bekerja di bidang pertanian dan peternakan

  • Budak

Golongan orang yang dapat diperlakukan dengan bebas, umumnya budak didapatakn dari tawanan yang kalah saat berperang melawan Kerajaan Mesir (Egypt).

Post a Comment for "Menes: Firaun Pertama Pemersatu Mesir"