Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Blogging Untuk Diri Sendiri

Seperti halnya fungsi memori dalam kepala kita, buku diare para pelupa, catatan ringan rumus matematika bagi para pelajar atau dompet untuk uang kita, seperti itu juga kegunaan blog.

Kita mungkin punya akun Facbook, Twitter, Google+ atau akun-akun medsos lainnya, tapi layanan medsos-medsos tersebut bukan "rumah" kita.


Manfaat Mempunyai Blog Sendiri

Berikut adalah keuntungan-keuntungan mempunyai Blog [website]. Keuntungannya sendiri bisa dinikmati baik oleh personal, pelajar hingga para profesional dan lembaga.

1. Kita Punya Rumah Di Dunia Maya

Yah blog kita adalah milik kita, kita bebas mengelolanya sesuka kita (tentu tetap dalam aturan main) dengan gaya kita. Yang namanya milik kita itu "suka-suka gue". Mau rumah menghadap timur, barat atau utara itu terserah pemiliknya. Mau buat jualan atau cuma buat gaya-gayaan itu juga blog kita.

2. Menejemen Teratur 

Ini sangat bermanfaat untuk para pelajar. Dengan blog para pelajar bisa mengatur sedemikian rupa file-file pelajaran yang sedang dipelajari menggunakan pelabelan/ pengelompokan/ pengkategorian yang terstruktur dengan rapi.

Iya, di internet itu memang ilmu berseliweran, tapi itu bergerak acak, akan sangat tidak nyaman jika sedikit-sedikit mencari alamatnya. Belum lagi kaitannya dengan optimasi artikel yang kita cari.

Saat kita mencari sebuah artike yang dahulu pernah kita temukan, maka tidak serta merta kita akan dengan mudah menemukannya lagi di hari kemudian.

Ketika kita membutuhkan rumus matematika yang dahulu kita jumpai, belum tentu kita dapati hari ini.

3. Untuk Pebisnis

Untuk pebisnis atau wirausahawan dari berbagai latar jenis usaha, dari nge-blog juga  dapat manfaat yang sama seperti manfaat blog untuk pelajar. Dengan blog para pebisnis bisa mengarsipkan semua data maupun dokomen-dokumen kegiatan usahanya.

Dengan pendokumentasian online segalanya menjadi praktis. Anda bisa langsung meng-kilik data-data yang penah terekam saat anda membutuhkannya.

Ini terbukti memudahkan  kegiatan bisnis. Jadi semisal anda ingin menerangkan sepesifikasi produk yang anda jual, anda tinggal membagikan link-nya melalui alat-alat komunikasi semisal WhatsApp, Pesan Facebook atau BBM, .

Misal anda seperti kawan saya yang kini menjadi member resmi Stockist PT. NASA  [ PT. Natural Nusantara ]. Selain memiliki blog untuk menulis, dia juga punya Online Shop untuk memudahkan kampanye produk-produk yang di jual tentunya.

Tidak harus terus berharap banyak pembeli datang ke sana, sekali lagi kegiatan blogging juga memudahkan kegiatan beriklan. Yap, ada konsumen bertanya, tinggal bagi link-nya. Tidak perlu rempong menulis ulang.

Dalam dunia internet kegiatan ini sering disebut dengan istilah Cloud Computing. Dengan anda merekam tiap-tiap kegiatan perusahaan anda, kedepannya ketika anda menjumpai masalah yang sama dalam usaha anda, anda tinggal klik dan tulis alamat blog anda sendiri tanpa harus rempong-rempong tanya mbah google lagi.

4. Untuk Para Penulis

Blog adalah "surga" para penulis. Dengan mempunyai blog anda sekalian diberi kebebasan untuk menulis. Anda dapat menulis hal-hal menarik semacam puisi atau ide-ide gila anda yang terus memenuhi otak. 

Sensasi menulis pada blog berbeda dengan menulis di medsos semisal Facebook atau Twitter. Penulis sangat paham harga dari sebuah inspirasi. Maka dengan blog, ketika inspirasi itu datang, penulis tak akan menyia-nyiakan untuk menuangkan ide yang sudah nongkrong di kepala, menjadikannya Buku digital.

Kesimpulan

Keteraturan file dalam blog mirip dengan struktur folder windows pada komputer atau laptop. Perbedaanya jika laptop/ komputer dapat diakses pada waktu-waktu saat kita membawanya, dengan memiliki blog kita bisa membuka / mengakses dari mana saja, kapan saja, dengan terkoneksi internet tentunya.

Jadi ketika kita ingin mencari sebuah rumus matematika misalnya, kita tidak perlu lagi mencari dengan googling sebab rumus itu sudah pernah kita simpan di blog kita, kita hanya perlu menuju alamat blog kita, rumah kita, blogmu adalah rumah mu.

Sudahkah anda memanfaatkan dan memaksimalkan layanan blogging? Jika belum, kini saatnya memulai. Sebab di dunia modern kini informasi-komunikasi berkembang sangat cepat dan anda tentunya tidak mau tertinggal.

Post a Comment for "Manfaat Blogging Untuk Diri Sendiri"