Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula

Sebagai blogger pemula, adalah tidak memalukan apabila kita sering melakukan kesalahan, terlebih bagi kita yang belajar otodidak. Menimba ilmu dengan mengunjungi blog para Master Blog.

Bagi Para Master mungkin akan memaksimalkan segi SEO dengan berbagai macam teknik. Tapi untuk pemula, tidak melakukan kesalahan mendasar juga sudah bagus.



Okeh mari berbagi hal sederhana. Begini kawan, sebelum mem-publish artikel ada baiknya kita paham apa yang akan kita unggah / upload, mulai dari tema utama artikel, penentuan judul dan kosakata apa saja yang akan mendominasi isi artikel.

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut beberapa tips penting dalam menulis artikel yang mudah dilakukan oleh pemula sebelum melakukan teori-teori SEO tingkat dewa. Pemula seperti saya dan anda SEO nya yang ringan-ringan saja.

1. Judul Artikel Yang Kreatif Dan Mewakili Isi

Judul artikel sangat mewakili informasi yang terdapat pada isi artikel, supaya pengunjung tertarik maka gunakanlah judul artikel yang kreatif dan menarik tapi tetap informatif alias tidak menipu. Semisal Judul dari artikel ini "5 Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula".

Hal ini akan membuat Para Human yang menemukan / membaca Judul Blog anda saat googling menerima maksud dari isi artikel, yaitu, bahwa artikel 5 Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula ini ditujukan untuk pemula bukan untuk para master, meskipun tidak mengapa bila ada beberapa dari salah satu mereka ingin bertamu.

Jika kita memaksakan menggunakan judul yang menarik tapi isinya tidak berkualitas dan keluar konteks, 99% pengunjung blog tadi akan kapok, kecewa dan kemudian meninggalkan blog dengan segenap sumpah serapah di hatinya.

2. Jangan Lupa Mengedit Tautan Permanen

Selanjutnya, sebelum menulis artikel, untuk menghindari lupa sebaiknya anda klik dahulu bagian Tautan Permanen / Permalink Blog pada Komposer Postingan yang letaknya dibagian kanan layar komputer anda.

Dari berbagai informasi yang penulis dapat termasuk dari sumber Google mengatakan bahwa susunan Teks Link ini berpengaruh terhadap mesin serap Google. Artinya apa?! Artinya ini termasuk Trik SEO Sederhana yang bisa kita lakukan.

https://www.sidikis.my.id/2020/05/5-cara-menulis-artikel-blog-untuk-pemula.html

Dari contoh di atas anda bisa mendapati bahwa urutan dan susunan dari teks link dengan Judul artikel berbunyi sama atau mendekati sama.

3. Memaksimalkan Gambar

Hal dasar selanjutnya adalah perihal mengoptimasi gambar blog, gambar yang akan digunakan sebaiknya diberi nama sebelum diunggah.

Ukuran gambar sebisa mungkin seragam, memilii rasio ukuran yang sama antara gambar di postingan yang satu dengan ukuran gambar dipostingan lain.

Dampak dari kesamaan ukuran gambar akan menjadikan blog nampak rapi dan elegan dipandang, yang tentu akan menyamankan pengunjung blog.

4. Hindari Menyisipkan Link Di Awal Menulis

Hindari menyisipkan link yang belum Pasti! pada post artikel baru tersebut, alasannya adalah bahwa link yang akan disisipkan berpotensi rusak / menjadi broken link di hari kemudian.

Dan jika masalah broken link ini banyak terjadi maka akan berakibat buruk bagi blog.

Yap! Memang ada tips dan solusi untuk masalah ini yaitu dengan membersihkan Broken Link! Tapi bukankah mencegah lebih baik dari mengobati?!

Sumpeh! bersih-bersih broken link itu kegiatan yang tidak asyik!
Jadi sebelum melampirkan link suatu artikel, sebaiknya yakinkan dahulu apakah link yang akan disisipkan berasal dari artikel yang berkuwlitas atau tidak.

Karena jika link itu bersumber dari artikel yang tidak berkuwalitas kemngkinan besar artikel tersebut akan dihapus suatu saat.

Hal ini berlaku baik sumber artikel dari internal blog maupun dari artikel diluar blog.

5. Update Sitemap Di Google Console

Semoga anda blogger pemula sudah tahu dimana menemukan Google Search Console. Setelah artikel diposting, segera lakukan Update Sitemap di Google Search Console. Hal ini perlu dilakukan supaya artikel blog tersebut segera terindeks atau dirayapi oleh mesin Google.

Post a Comment for "5 Tips Menulis Artikel Blog Untuk Pemula"