Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Negosiasi Dalam Jual Beli

Negosiasi bukanlah tentang kalah atau menang, negosiasi dalam jual beli adalah tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik untuk mencapai kesepakatan dan kepuasan bersama, misalnya tentang tawar menawar harga.

Negosiasi Jual Beli

Tapi bagaimana cara menjadi negosiator yang baik? Berikut beberapa cara yang bisa kita gunakan saat negosiasi.

1. Menyimak Lawan

Tujuan dari negosiasi bukan hanya untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, tetapi juga untuk membantu lawan negosiasi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Jika tidak, bagaimana kita akan pernah mencapai kesepakatan dengan mereka? Untuk mengetahui apa yang paling mereka inginkan adalah menyimak dengan baik.

2. Manfaatkan Moment Untuk Memaksimalkan Keuntungan

Seringkali waktu terbaik untuk membeli produk adalah pada akhir bulan [Kebiasaan di Indonesia Gajian pada akhir bulan], para penjual cenderung akan memperbanyak kuota produk.

Tahukah anda? Bahwa ini adalah pertanda penjual mempunyai kemungkinan negosiasi lebih besar dengan alasan banyak stock produk. Mereka tentu tidak ingin produk-produk mereka tetap memenuhi gudang lantaran mematok harga produk kelewat tinggi.

3. Membingkai Negosiasi Dengan Tepat

Aturlah skema negosiasi dengan bingkai yang baik, misalnya kita menggunakan alasan diskon, biaya pengiriman atau membahas kualitas barang, apa kuwalitas produk dapat bertahan lama atau tidak, disinilah bahan untuk negosiasi.

4. Manfaatkan Timbal Balik Kesepakatan

Semisal kita berpikir bahwa harga yang mereka patok masih terlalu mahal, kita bisa menanyakan bonus yang akan kita dapatkan jika menyepakatinya.

Contoh dalam kasus tawar menawar produk elektronik; Apabila negosiasi harga terlalu alot untuk disepakati sedangkan kita membutuhkan produk tersebut kita bisa minta syarat bebas biaya atau free ongkos kirim, meminta bonus kuota internet atau keuntungan-keuntungan lain yang dapat mengurangi nilai harga yang terlalu tinggi tersebut.

Demikian adalah taktik dalam bernegosiasi dalam jual beli, ingat negosiasi bukan tentang siapa untung siapa rugi atau siapa menang siapa kalah, tapi negosiasi adalah usaha untuk mencapai kesepakatan bersama untuk kepuasan bersama.

Post a Comment for "Cara Negosiasi Dalam Jual Beli"