Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Optimasi Paling Mendasar Untuk Blog Baru

Optimasi blog kerap disitilahkan dengan SEO (search Engine Optimation), bagian ini sebenarnya bagian yang agak ribed dan kompleks, tidak ada kepastian mutlak dalam penerapannya, karena aturan dan rancangan dari mesin google juga dinamis progresif, terus berubah dan berkembang.

Teknik SEO ini hanya sebatas berusaha tentang bagaimana kita mengoptimalkan blog dangan standar umum, wajar.

Teknik SEO Paling Mendasar Untuk Blog Baru


Langsung aja! Apa yang perlu dilakukan setelah blog siap tampil adalah memikirkan bagaimana menulis dan mempostingnya sehingga bisa diterima dengan baik oleh mesin pencari.

Berikut adalah tips optimasi blog yang mendasar yang perlu diterapkan pada blog baru.

Teknik Optimasi Blog Mendasar Untuk Blog Baru

Optimasi adalah proses meningkatkan kinerja atau efisiensi sistem atau proses dengan cara menyesuaikan atau mengubah komponen-komponennya. Dalam bidang teknologi informasi, optimasi sering digunakan untuk meningkatkan kinerja website atau aplikasi dengan cara mengubah kode atau konfigurasi sistem. 

A. Membuat Halaman Blog Yang Lengkap

Dalam membuat blog secara tradisi bagian pertama yang perlu dilakukan adalah membuat halaman, halaman itu minimal terdiri dari:
  • About : Halman yang berisikan sekilas tentang apa dan atau siapa blog dan anda sendiri sebagai pemiliknya.
  • Kontak : Berisi kontak anda yang bisa dihubungi, awamnya adalah kontak email, meski sekarang banyak juga yang melampirkan kontak Whatssap, Telegram dan semisalnya.
  • Daftar isi :Berisi daftar isi yaitu sebuah halaman yang khusus dibuat untuk memetakan situs anda
  • Privacy Policy : Berisi Kebijakan Privasi, halaman ini bisa dibuat dengan generator otomatis Bagian
HALAMAN BLOG ini hanya perlu dibuat 1 kali, Note: istilah HALAMAN dalam dunia blogging bukanlah POSTINGAN ARTIKEL!.

B. Posting Artikel

Jika kita tidak begitu paham parktek SEO dalam pengembangannya, untuk pemula minimal bisa menghindari kesalahan, dan berikut tahapan simpelnya;
  • Membuat Judul Artikel
Judul Blog sebaiknya menggambarkan garis besar dari tema yang akan ditulis dalam artikel, yang perlu dihindari jangan mebuat judul yang menyesatkan pembaca
  • Jangan Berlebih Mengulang Kata Kunci
Misal jika anda membuat artikel tentang Cara Membuat Blog Dengan Mudah, Nantinya kalimat itu kan akan digunakan juga di dalam artikel, tapi yang perlu digaris bawahi, jangan mengulangi kalimat itu secara berlebih dalam penggunannya, dan tetap belajar menulis dengan aliran yang alami.
  • Memberi Keterangan Pada Gambar
Setelah gambar diupload, silahkan beri keterangan dengan mengisi judul dan deskripsi singkat gambar, caranya klik gambar dan tekan tombol gerigi.
  • Memberi Pelabelan Artikel
Pada sisi kanan layar anda ada menu LABEL, silahkan beri label pada artikel, caranya silahkan tulis saja nama labelnya. Misal dalam contoh ini berjudul Cara membuat Blog Dengan Mudah, maka bisa saja anda beri label Topik Blog.

Pemberian label ini berguna untuk mengelompokkan jenis bahasan tema artikel.
  • Cek PermaLink
Permalink ini juga diisukan akan menentukan kuwalitas blog, cek bagian permalink, silahkan pilih otomatis atau pilih sesuai keinginan anda. Perma Link yang otomatis akan mengikuti judul artikel. 

Saran saja, jika judul pendek kurang dari 5 kata biarkan otomatis, tapi jika judul artikel adalah kalimat yang panjang sebaiknya kita menggunakan permalink khusus.

Tapi jika judulnya panjang Cara Membuat Blog Di Blogspot Lengkap Dengan Gambar Petunjuk, maka silahkan edit permalinknya sesui judul menjadi : cara-membuat-blog-di-blogspot-mudah-dengan-gambar-petunjuk.
Note:
Opsi Permalink ini hanya akan muncul saat status artikel belum dipublikasi.
  • Sebelum Publikasi Artikel Blog
Sebelum mempublikasi sebaiknya anda cek dengan cara membaca ulang tulisan,  gunanya untuk menemukan dan memperbaiki segenap kesalahan.

C. Update Google Search Console

Setelah artikel diposkan silahkan update sitemap di GSC, hal ini dilakukan agar artikel lekas terindeks / terbaca oleh mesin Google, sehingga jika artikel menjadi eksis dan bisa dibuka secara online dengan browser.

Kemudian akhir saran, meski anda kerap mendangar hal menggiurkan tentang teknik SEO, hemat aku janganlan terjabak atau memaksakan diri mengusai itu, kecuali jika anda memang mempunyai passion menjadi Pakar SEO.

Bukan bagaimana, itu memang bagian yang ribed, jika SEO bukan perkara ribed alias kompleks, maka tentu tidak akan banyak iklan yang menawarkan jasa SEO.

Jika kita terjabak hanya ingin berada di Page One, maka kita hanya akan menulis karena dituntut mesin dan mungkin malah membuat kita tidak produktif karena berkutat dengan pertanyaan "Bagaimana Blog Saya Bisa Selalu Di Page One?"

Ok, demikian tips mempublikasikan artikel blog dengan teknik SEO paling mendasar untuk pemula, teknik ini sendiri aku dapatkan dari berbagai teori dari para master, aku ambil intisarinya, sebisanya, dan kemudian aku praktekan di blog domain.my.id ini. Jarang page one, tapi bagiku sendiri yang otodidak, sudah fair saat beberapa artikel bisa muncul di hasil pencarian.

Post a Comment for "3 Cara Optimasi Paling Mendasar Untuk Blog Baru"