Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Cewek Penggemar Sepak Bola? Ini Yang Dimaksud Dengan Offside

Sepak Bola adalah permainan paling merakyat di seluruh dunia meski olah raga ini lebih di dominasi oleh kaum pria tapi pada faktanya suguhan ini juga bisa dinikmati oleh siapa saja termasuk cewek, baik yang masih perawan maupun yang sudah menjadi ibu rumah tangga boleh saja menontonnya.

Kalau kita biasa nonton Liga Eropa, jangankan Cewek Perawan, nenek-nenek pun menikmatinya bahakan kadang ada yang galak juga, hehe.

Istilah dalam permainan sepak bola untuk cewek

Istilah Dan Pemahaman Mendasar Pada Permainan Sepak Bola

Beberapa dari kamu mungkin menyukai sepak bola hanya karena keseruannya, tapi alangkah baiknya kamu juga memahami dasar dan prinsip-prinsip dalam permainan ini. Beberapa hal diantaranya adalah tentang istilah di dalamnya. Berikuat adalah beberapa istilah dan aturan main yang perlu kamu ketahui dalam permainan sepak bola.

Jumlah Pemain Dalam Sepak Bola

Kalau ini hampir semua orang tahu yak? Termasuk kamu, jumlah pemain dalam pemainan sepak bola berisi 11 orang, maka dari itu kerap disebut Kesebelasan. Kemudaian ada hal penting di dalamnya yaitu pembagian peranan.

Secara garis besar susunan pemain sepak bola terbagi menjadi 4 peranan yaitu: Kepper atau Penjaga Gawang, Bek yang bertugas membantu pertahanan, Gelandang yang bertugas bermai di bagian tengah lapangan serta Striker yang diberi peran utama untuk berusaha menciptakan gol.

Kemudian dari peranan para pemain ini ada istilah formasi semisal; Formasi 4-4-2 ; 3-4-3 ;4-5-1 dan lain-lain. Kegunaan pe-formasi-an ini adalah penggambaran bagaimana para pemain ditempatkan oleh pelatih.

Mengapa jumlah dalam bentuk formasi hanya berisi 10 padahal pemain dalam tim sepak bola berjumlah 11? Ini karena Keeper tidak disertakan dalam konsep formasi, hal ini karena posisi / peranan keeper yang tidak dinamis, seorang keeper hanya perlu menjaga gawang.

Pengadil Pertandingan Atau Wasit

Wasit dalam sebuah pertandingan aktif terdiri dari 3 + 1 alias 4. Namun yang paling aktif menjalankan peranan terdiri dari 3 wasit yang tugasnya adalah sebagai berikut.
  • Wasit Utama
Tugas dan perannya adalah mengawal dan mengusahakan agar pertandinagn berjalan adil. Seorang wasit utama mempunyai wewenang penuh untuk memutuskan suatu perkara dalam pertandingan sepak bola yang dia kawal.
  • Asisten Wasit
Sebagaimana namanya, wasit ini kerap dijuluki hakim garis, jumlahnya ada 2, selain menentukan bola keluar lapang atau tidak hakim garis juga membantu memberi tahu wasit utama tentang offside dan atau pelanggaran-pelanggaran yang terjadi yang luput dari pengawasan wasit utama. Ketiga Wasit ini biasanya akan kerap berdiskusi untuk menentukan keputusan yang tepat.
  • Wasit Cadangan
Wasit ini ditugaskan untuk siap menggantikan peranan wasit lain jika terjadi masalah semisal cidera. Selain itu wasit ini juga membantu wasit utama semisal ada pergantian pemain.

Tendangan Penalti

Jenis tendangan dalam sepak bola ya banyak, tapi yang paling perlu diketahui adalah jenis tendangan penalti. Tendangan penalti adalah tendangan yang diakibatkan oleh sebuah pelanggaran yang terjadi di dalam kotak penalti. Tendangan penalti sendiri berjarak 11 meter antara garis gawang dengan titik penalti, yaitu sebuah titik untuk menempatkan bola.

Teori Tentang Offside dalam Sepak Bola

Pelanggaran bentuk Offside adalah salah satu hal yang biasanya kurang dipahami oleh cewek. Jadi begini, Offside adalah sebuah situasi di mana seorang pemain (yang aktif ) sudah berada dalam posisi di belakang musuh saat bola menuju padanya di separuh lapangan lawan.

Sebelum adanya teknologi VAR (Video Assistant Referee : Penggunaan Rekaman Vidio Untuk Membantu Wasit) Kajadian Offside ini sering dimanfaatkan oleh para penyerang dalam taktik sepak bola. Karena Wasit dan Hakim Garis memiliki keterbatasan kecepatan berlari dan keterbatasan kejelian mata saat melihat.

Kamu Cewek Suka Sepak Bola?

Enggak aneh meski kamu cewek suka menonton dan menikmati sebuah pertandingan sepak bola. Yang agak aneh itu jika cowok sama sekali tidak paham istilah dan pemahaman yang mendasar dalam sepak bola, masa cowok tidak paham maksud dari teori Offside, kan lumayan aneh.

Semakin kamu paham akan pertandingan sepak bola kamu akan paham alasan mengapa jenis permainan ini sangat digemari banyak orang, iyak kolektifitas dan suportifitas, sebuah pertandingan yang setiap tim berjuang di antara semangat ingin menjadi pemenang yang di batasi oleh peraturan.

Post a Comment for "Kamu Cewek Penggemar Sepak Bola? Ini Yang Dimaksud Dengan Offside"