Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna Tersirat Lagu No Surprises Radio Head

Lagu Radio Head satu ini enak buat mengantar tidur jadi pengin tahu makna yang tersirat dari lirik yang terdapat di dalamnya. Kalau dilihat dari vidio klipnya lagu ini malah mengesankan tentang sesuatu yang membuat pikiran dan hati seseorang sumpek, ada yang pernah nonton vidionya gak? Kepala Thom York tenggelam, membuatnya susah bernafas.

Makna Dari Lirik Lagu No Surprises Radio Head

Makna Tersirat Lirik Lagu No Surprises Radio Head

A heart that's full up like a landfill, a job that slowly kills you, bruises that won't heal
Hati yang sesak seperti tanah tempat pembuangan, pekerjaan yang perlahan membunuhmu, adalah luka-luka yang tidak bisa sembuh.

Sebagaimana orang menjalani hidup pada umumnya, hati kita aka dipenuhi kekecewaan dalam bersosial dan bernegara. Pekerjaan yang perlahan membunuhmu, Pekerjaan di sini adalah sebuah kiasan, adalah kegiatan untuk menyembuhkan luka-luka atau kekecewaan tersebut.

Tapi pekerjaan itu jugalah yang akan mengentarkan / mengiringi kita pada kematian, karena luka-luka yang berusaha kita sembukan adalah luka yang tidak akan pernah sembuh.

You look so tired, unhappy, bring down the government, they don't, they don't speak for us.
Engkau nampak lelah dan tidak bahagia, berusaha bawa turun pemerintah, mereka tidak berbicara untuk kita.
I'll take a quiet life a handshake of carbon monoxide and no alarms and no surprises, silent.
Aku akan menyepi, berusaha berdamai dengan sesuatu yang menghancurkanku (kebijakasanaan politik pemerintah), tidak lagi membutuhkan peringatan, tidak akan lagi terkejut, membisu!

Bait bagian ini menggambarkan kita menjalani kehidupan bersosial dan bernegara dengan seangkrut isinya termasuk para politisi - politikus yang menempati posisi penentu dalam kehidupan negara. Mereka berbicara untuk kepentingn mereka sendiri bukan untuk kepentingan kita. Maka dari itu aku akan menyepi, bersahabat / mengikuti kebijakan pemerintah yang merugikanku, apapun yang terjadi aku tidak akan lagi terkejut, membisu!

Bait di atas semacam pernyataan sentimental yang ditujukan pada pemerintah yang dianggap oleh penulis sebagai racun (monoxide) yang tidak bisa dihindari realitanya.

This is my final fit my final bellyache with no alarms and no surprises, please.
Ini adalah pilihan terakhirku, sebuah rasa sakit  tapi sudah tidak lagi membuatku terkejut, kau tau itu?

Such a pretty house and such a pretty garden, no alarms and no surprises.
Sebagaimana rumah yang indah, sebagaimna kebun yang asri, tanpa alarm tanpa kejutan.

Pada bait ini menggambarkan pengharapan penulis akan kenyamanan semisal bisa tinggal di rumah yang indah dengan kebun yang asri, merasakan kedamaian. Bisa jadi ini semacam pemberitahuan pada pemerintah (lihat konteks alenia sebelumnya) bahwa penulis merasa muak dengan kebijakan-kebijakan para pemimpin negara.

Get me out of here.
Keluarkanlah aku dari sini.

Lirik terakhir yang terdengar samar pada lagu ini membuktikan bahwa penulis lagu ingin menyampaikan kesan bahwa dia ingin keluar dari lingkaran ke-tidak nyaman-an dirinya dalam menerima, menjalani, mengukuti aturan kebijaksanaan yang diterpkan oleh para pemimpin negara.
Note: Alarm bisa berarti alat yang memberi peringatan, mengejutkan dan memaksa / menekan.

Simpulan

Sebgaimana kita tahu bahwa Radio Head salah satu band dari inggris yang gemar mengkritisi para pemimpin dunia dan juga kultur sosial. Lagu ini juga berisi tentang semacam sindiran, sarkas, dan sentimen tentunya. Tapi lagunya enak buat mengantar tidur yak?

Post a Comment for "Makna Tersirat Lagu No Surprises Radio Head"