Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bob Marley Dan Salah Tafsir Lagu No Woman No Cry

No Woman No Cry! Siapa yang tidak kenal lagu legendaris ini? Salah satu lagu dari Robert Nesta Marley yang akrab dengan nama artis Bob Marley. Lagu yang melekatkan genre Reggae pada penikmat musik internasional. Reggae pada zaman itu merupakan genre yang popularitasnya masih disekitan Karibia.


Bob Marley meskipun bukan pencetus utama Reggae namun beliau salah satu yang berperan kuat mempopulerkan jenis musik ini, Beliau menjadi idola bahkan panutan bagi para penggemar beratnya, rasta!

Dilansir dari hasil wawancara BBC dengan salah satu teman dari Bob Marley, bahwa seorang Bob Marley adalah orang baik, sosok yang humanis.

Dia juga memberitahu bahwa dalam beberpa kasus, Bob Marley memberikan kredit karyanya dengan bubuhan nama temannya. Dia melakukan ini untuk memastikan royalty yang didapat dari karya lagu itu mengalir pada yayasan atau lembaga sosial yang dikelola oleh kawannya tersebut.

Ini semacam tekad yang kuat bahwa beliau tidak pernah bermaksud akan mengambil kembali uang yang sudah ia berikan pada yayasan atau lembaga tersebut yang mengalir melalui sistem royalty.

Salah satu lagu yang Bob Marley kreditkan pada seorang kawannya adalah lagu berjudul No Woman No Cry.

No Woman No Cry Dan Salah Interpretasi Makna Lagu

Kasus ini sebenarnya akan lebih kerap terjadi di negara-negara yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa tambahan dalam berkomunikasi, termasuk Negara Indonesia.

No Woman No Cry jika kita translate kata per kata ke bahasa Indonesia bisa bermakna Tiada Wanita Yang Tidak Menangis, tapi perlu kita ketahui, seni itu berbeda, seni itu cara menyampaikan pesan dengan gaya.

No Woman No Cry lebih detailnya bisa diartikan Tiada Wanita Yang Tidak Menangis.

Terbukti di dalam lagu ini bait-baitnya  berisi perhatian kepada para wanita, para wanita yang sedih menyaksikan relaita kehidupan di Trench Town.

Wanita bagi Bob Marley adalah manusia yang kuat tapi di sisi lain mereka butuh perhatian kasih sayang.

So dry your tears; usaplah air matamu, salah satu penggalan bait yang mengilutrasikan wanita yang bersedih karena melalui masa sulit di daerah Trench Town.

Trench Town adalah sebuah daerah yang saat itu dikabarkan sebagai wilayah miskin, kumuh dan di kelola oleh goverment yang korup hingga mengakibatkan trend kelaparan dan kematian.

Lagu No Woman No Cry ini akan sangat jauh melenceng jika diinterpretasikan sebagai tema tentang percintaan semacam; tidak punya pacar tidak perlu menangis.

Post a Comment for "Bob Marley Dan Salah Tafsir Lagu No Woman No Cry"