Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Menu Pada Ruang Kendali Blogspot

CMS adalah sistem manajemen konten [Inggris: Content Management System], yang merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi [mengubah] isi dari suatu situs web. [sumber wikipedia].


Kali ini saya ingin berbagi pemahaman saya perihal CMS blogspot. Bagi saya sendiri istilah CMS terlalu rempong untuk dipahami oleh blogger otodidak seperti saya, bisa-bisa kita tidak dapat pemahaman intinya, tapi malah tersesat di rimba istilah bahasa inggris. Saya lebih suka dengan istilah "ruang kendali blog"

Dengan istilah ruang kendali semoga anda mengerti bahwa ruangan inilah yang akan kita gunakan untuk mengendalikan blog nantinya. Dalam ruang kendali atau Cpanel Blogspot kita bisa mengatur bagaimana tampilan, isi, susunan widget dan pengaturan-pengaturan kendali lainnya. Langsung saja buat para blogger pemula (khusunya blogger otodidak) berikut adalah isi ruang kendali blog di blogspot.

1. Ruang Template

Ruangan ini adalah tempat kita mengatur tema tampilan blog kita. Di sini sudah disiapkan beberapa tema / template blog gratis bawaan blogger. Ada banyak pilihan template, sebaiknya anda memilih template yang sesuai dengan visi-misi blog yang akan anda buat.

Di ruang template ini juga memiliki fitur live-preview agar kita dapat dengan mudah menilai tampilan tema/template kita saat tampil di layar komputer dekstop/ laptop dan saat tampil di handphone/ smartphone.

Jika anda merasa tidak puas dengan tema-tema yang ditawarkan oleh blogger, jangan risau karena di dunia maya banyak warung yang menjual berbagai macam template dengan segenap kelebihan dan kekurangannya. Harganya terjangkau loh, bahkan banyak template blogger yang gratis!

2. Ruang Tata Letak

Adalah ruang untuk mengendalikan posisi-posisi dari gadget. Jika blog digambarkan sebagai sebuah rumah, maka gadget digambarkan sebagai kamar-kamar. Aturlah tata letaknya sesuai selera. Tapi jangan lupa! Pandai-pandailah berlogika, mana gadget utama, mana gadget hiasan. Mirip teori kebutuhan pemier, sekunder dan tersier. Mana yang utama, mana yang kedua mana yang sebaiknya diletakkan di posisi nomer 3. Bahkan kalau kita anggap tidak penting sama sekali baiknya juga jangan dipasang.

3. Ruang Halaman

Adalah ruang kendali untuk menulis posting halaman. Posting halaman sendiri biasanya berisi postingan; tentang, profil, daftar isi, about [penjelasan tentang blog] dan privacy-policy. Bila Anda punya ide untuk menulis selain tulisan perihal profil, daftar isi, about dan privacy-policy sebaiknya anda jangan menulisnya di sini, tapi di ruang kendali Postingan.

4. Ruang Posting

Ini adalah ruangan yang jika anda sudah aktif menulis maka anda akan sibuk di sini. Di sinilah anda akan menulis atau menuangkan ide-ide anda untuk dipostingkan ke blog. Saat anda menulis, jangan lupa untuk melabeli tulisan anda.

Label sendiri bisa diartikan kategori. Dengan pelabelan, anda mempermudah pengunjung blog saat bertamu ke blog anda. Dengan pelabelan pula anda dapat lebih mudah memenejemen potingan-postingan anda.

5.Ruang Setelan Dasar

Adalah ruang kendali untuk menyetting laju cara kerja blog anda. Di ruang ini anda bisa menggonta-ganti nama blog anda [dengan restu Blogger].  Mengatur berapa jumlah posting yang akan tampil di setiap tampilan layar. Mengatur tampilan profil jati diri anda. Bahkan anda bisa mengatur agar mesin google tidak mengendus/ merayapi/ melacak blog anda.

Kesimpulan Dan Rangkuman Panel Blogger

  • Setelan dasar: mengatur nama, deskripsi, dan alamat blog.
  • Postingan dan Komentar: mengatur jumlah pos per halaman, mengatur komentar pengunjung
  • Email : mengatur email anda, jadi anda bisa membuat postingan cepat lewat email, ini sangat bagi para pencari berita.
  • Bahasa dan Pemformatan: mengatur versi bahasa dan format penanggalan blog.
  • Preferensi Penlusuran: mengatur bagaimana harusnya sikap mesin telusur terhadap blog kita.
  • Lainnya: Backup data blog, ekspor-impor, keterangan isi konten dan juga penghapusan blog.
  • Setelan Pengguna: Mengatur profil mana yang akan anda gunakan.
Dengan memahami fungsi Cpanel blogspot diatas maka kita akan mudah dalam membuat blog hingga mengelola website.