Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blogging Dan Manfaat Ngeblog

Definisi Blog /Weblog,  to the point; Kita sudah sering mendengar tentang blog dan blogging atau blogger. Kemudian apakah arti dari masing masing istilah tersebut?

Definisi Blog Dan Blogger

Blog adalah wujud tampilan di web yang dibuat dengan platform tertentu yang berisi unggahan yang bisa berupa tulisan dari postingan atau artikel, gambar, audio bahkan vidio dan atau kombinasi dari semua itu.

Salah satu ciri blog adalah menyuguhkan postingan yang lebih baru pada halaman utamanya dan mengakhirkan postingan yang lebih lama.

Arti Kata Blog Blogger dan Fungsinya

Wajah / Tampilan Blog biasanya terdiri dari dua macam kelompok tulisan. Kelompok pertama diistilahkan dengan HALAMAN dan kelompok kedua diistilahkan POSTINGAN.

Karakter Tampilan Blog

Dalam Web / Blog ada 2 jenis Tulisan yang mempunyai karakter berbeda, jenis itu ditampilkan dalam istilah Halaman Dan Postingan.

Halaman Blog

Halaman Blog tradisiniya berisi tentang keterangan atau penjelasan tentang Blog itu sendiri. Halaman ini biasanya terdiri dari;
  • Tentang / About: Yang isinya keterangan singkat tentang blog
  • Kontak / Contac : Isinya adalah alamat yang bisa dihubungi baik melalui E-mail dan atau No. Telepon atau Ponsel
  • Daftar Isi / Sitemap: Berisi daftar isi dari artikel yang diunggah / diposting ke dalam blog
  • Privacy Policy : Biasanya berisi tentan kebijakan-kebijakan yang ada dalam blog, untuk halaman ini kini menjadi kebiasaan umum pengguna blog dengan membuatnya secara otomatis di penyedia / pembuat privacy-policy

Sederhananya bagian pada HALAMAN ini hanya dibuat satu kali saja dan jarang sekali diubah, berbeda dangan postingan blog.

POSTINGAN BLOG

Postingan adalah sesuatu (umumnya adalah tulisan) yang diunggah secara serial yang diberi peng-kategorian atau pelabelan.Postingan ini kerap diistilahkan artikel.

Kesimpualn pengandaiannaya, jika HALAMAN pada blog adalah KEPALA, maka POSTINGAN adalah DAGING, dimana orang yang mengunjungi / visitor blog akan sering mencari manfaat dari artikel ini.

Blogger Dan Blogging

Blogger adalah orang yang melakukan kegiatan membuat dan merawat blog, sedangkan blogging adalah istilah dari kegiatan nge-blog itu sendiri.

Merawat dalam "kamus para blogger" tidak hanya sebatas memperbaki tampilan tapi juga tentang rutinitas memposting artikel dan juga interaksi terhadap pengunjung, istilah awamnya optimasi blog.

Tapi untuk istilah blogger kerap juga merujuk pada layanan / yang disediakan oleh Google yaitu platform blogspot.

Platform untuk membuat blog sebenarnya banyak, tapi yang paling awam digunakan di Indonesia adalah platform wordpress dan blogspot. Dan platform blog yang digunakan oleh blog ini adalah blogspot.

Manfaat Blogging Zaman Ini

Singkat aja yak, manfaat blogging zaman sekarang ya banyak, diantaranya:
  • Menjadikan blog sebagai PROFIL kita di dunia maya
  • menjadi pusat penghubung antar media sosial dan media bisnis yang kita gunakan; dari blog ini kita bisa menghubungkan Youtube-Facebook-Titok-Toko Online dan lain sebagainya
  • Tempat membedah dan mempromosikan produk dan jasa yang kita jual
  • Media berbagi ide, kisah, solusi masalah, berita dan lain sebagainya
  • Menjadi pengarsipan yang baik untuk pelajar
Demikian sekilas definisi, penggambaran dan fungsi blog yang bisa kita manfaatkan darinya.

Post a Comment for "Blogging Dan Manfaat Ngeblog"