Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Afiliasi Usaha Menjual Produk Tanpa Modal

Affiliasi adalah salah satu bentuk usaha yang menggoda bagi para blogger. Bagi yang belum begitu memahami makna afliasi, berikut adalah cuplikan makna yang saya kutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Afiliasi adalah pertalian sebagai anggota atau cabang, afiliasi juga berarti bentuk kerja sama antara dua lembaga, biasanya yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri dengan ciri khas adanya bantuan yang diberikan oleh lembaga yang lebih besar dalam bentuk personel, peralatan, atau fasilitas pendidikan. 
Pada prakteknya afiliasi berdekatan makna dengan pengiklan dan reseller. Mengapa demikain sebab pada umumnya para affiliate (orang yang menjalankan kegiatan afiliasi) memang mempunyai membawa misi yang sama dengan karakter cara kerja pengiklan maupun reseller.

Mau diotak-atik dengan kalimat apapun ujung dari misi afiliasi, pengiklan, reseller itu sama, adalah berusaha membuat dagangannya terjual.

Afiliasi Usaha Menjual Produk Tanpa Modal

Lalu bagaimana afiliate mendapatkan uang? Para Affiliate mendapatkan uang  dengan cara yang sama seperti seorang yang menjual jasa iklan maupun reseller.

Mereka mendapatkan uang sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati antara pengada afliasi dengan afiliate. Dengan nilai prosentase maupun dengan nominal tertentu.

Afiliasi Bisa Menguntungkan Tanpa Modal

Note: Teori ini hanya berlaku jika affilasi besrsifat usaha sampingan, dalam beberapa kasus, teknik afiliasi diparktekkan sebagai usaha utama dalam mencarai reizki.

Pertama, afiliasi adalah bentuk usaha yang 100% gratis seperti pada kasus umum. Pada kasus tertentu anda harus menjadi member yang mensyaratkan anda mendaftar untuk akses layanan premium atau terlebih dahulu membeli produk dari pemilik program afiliasi.

Kedua, afiliate tidak wajib memiliki wawasan/ mengetahui spesifikasi dari produk yang dijual oleh pengada afiliasi. Semacam kasus "tukang sablon hanya mencetak banner, tukang sablon tidak wajib mengetahui visi misi tentang tujuan banner itu dibuat". Tapi jika afiliate yang memiliki wawasan terkait produk tentu itu akan menjadi nilai +.

Ketiga, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa afiliate juga mirip pengiklan/ reseller. Afiliate tidak perlu mengadakan alat untuk bahan kerjanya. Dalam dunia blogging, si blogger [afliliate] "cuma" magang atau mendaftar pada pihak pengada afiliasi kemudian afiliate diberi script tertentu untuk dijadikan alat iklan.

Dalam dunia blogging script tersebut nantinya cenderung akan berupa banner dengan ukuran-ukuran tertentu yang di dalamnya merupakan link menuju alamat tertentu yang merupakan objek target dari program afiliasi tersebut.

Cara Mengikuti Program Afiliasi

Untuk mengikuti Program Afiliasi, carilah program Affiliate pada mesin pencarian di browser anda dengan kata kunci "afiliasi". Dengan begitu anda akan menemukan beberapa hasil pencarian yang banyak, diantaranya adalah mengarahkan ke program kerja sama afiliasi.

Mereka biasanya sangat "SEO" alias keberadaanya mudah kita temukan, bahkan banyak dari mereka menawarkannya dengan cara mengiklankan.

Setelah anda masuk beranda salah satu pengada afiliasi carilah menu halaman yang biasanya bertuliskan "Afiliasi". Untuk selanjutnya silahkan anda ikuti panduan yang ada di halaman tersebut.

Beberapa pengada afiliasi diantaranya; Afiliasi Niagahoster, Lazada, Ratakan, Oketheme, Tokopedia atau yang kaliber internasional.

Akhir kata, bagi saya pribadi afiliasi adalah bentuk usaha 'numpang anget', sebuah usaha menghasilkan uang tanpa perlu meproduksi barang sendiri.