Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Stem Gitar Dengan Nada C

Posting kali ini membahas mengenai Setting Gitar Dengan Nada C yang tentunya menggunakan pendekatan nada C.

Saya memilih istilah setting bukan lain agar lebih informatif, agar maksud saya sampai kepada anda. Sebetulnya ada istilah-istilah yang lebih kondang dari istilah setting walaupun maksudnya sama, misal stem gitar, tuning gitar atau dengan istilah lain di daerah anda tinggal, tentu dengan makna dan maksud yang sama.


Setting senar gitar adalah masalah vital, fundamental, adalah hal yang wajib dikuasai oleh gitaris, tidak bisa tidak kita harus menguasainya.

Iya memang, teknologi semakin maju, semakin banyak alat dan aplikasi-aplikasi pada O.S komputer atau perangkat elektronik lainnya yang membantu mempermudah gitaris dalam men-setting gitar.

Namun gitar is part of art, gitar adalah bagian dari seni, akan lebih indah bila memainkan gitar dilakukan dengan indra dan emosi kita, dengan penjiwaan.

Hampir semua orang bisa bermain gitar, tapi tidak semua orang bisa bermain-main dengan gitar. Akan terkesan keren seorang gitaris yang sedang memutar (mengencangkan/ mengendurkan) senar gitar.

Di saat-saat itu jari, telinga, mata, otak dan jiwanya seakan mencari keharmonisan / keselarasan, mencoba menyatukan diri dengan gitar yang akan dimainkan olehnya. Sekali lagi kita bisa melakukannya dengan teknologi, tapi akan menjadi modal yang besar jika kita bisa menguasainya secara alami.

Berikut saya akan membagi pengetahuan saya perihal beberapa cara setting gitar.

PERHATIAN!!! sebelum mempelajari cara men-setting gitar, sangat dianjurkan untuk memahami nama-nama dari senar gitar.

Cara Stem Gitar Dengan Nada C Versi 1

Hampir semua dari kita yang baru belajar gitar mengenal chord/ kunci C, itu yang saya harapkan. By the way, ini adalah metode yang paling saya sukai.

Dalam menggunakan metode ini yang perlu diperhatikan adalah nada patokannya, yaitu nada C (suara nada yang keluar dari senar A yang ditekan pada pada fret ke-III) karena, nantinya senar-senar lainnya akan mengikuti suara dari nada tersebut untuk diselaraskan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Putar/ kencangkan senar A (senar nomor 5) sesuai keinginan atau selera. 
  • Tekanlah senar-senar gitar dengan memainkan chord/ kunci C.
  • Lihat gambar chord C.

Cara Stem Gitar Dengan Nada C Versi 1

  • Petik senar B fret ke-I, samakan bunyinya dengan suara nada senar A fret ke-III
  • Petik senar D tanpa ditekan (lepas), samakan bunyinya dengan suara nada senar B fret ke-III
  • Petik senar G fret ke-II, samakan bunyinya dengan suara nada senar A lepas
  • Petik senar E lepas, samakan bunyinya dengan suara nada senar D fret ke-II
  • Petik senar E' lepas, samakan bunyinya dengan suara nada E lepas (tanpa ditekan).

Jika cara-cara tadi di atas dilakukan dengan benar maka selesai sudah setting gitar.

Setelah memahami teknik setting gitar dengan menggunakan teori pendekatan chord C , apa yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah belajar memahami dan mengungkap sendiri mengapa tata caranya sedemikian rupa.

Bukan tanpa alasan, sebab setelah kita memahami cara yang satu ini, kedepannya imajinasi kita bisa menstem gitar dengan pendekatan kunci gitar apapun.

Bahkan seiring kita sering memainkan gitar, telinga kita bisa membaca settingan yang benar tanpa menggunakan teori pendekatan chord alias memahami suara gitar dengan lepas senar.

Demikian cara Setting Gitar Dengan Nada C semoga artikel ini membantu anda yang sedang belajar setting gitar.

Post a Comment for "Cara Stem Gitar Dengan Nada C"