Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ngadem Di Objek Wisata Benteng Pendem

Objek Wisata Benteng Pendem

Benteng Pendem merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Cilacap yang letaknya berada di tepi pantai dan dekat dengan pulau Nusakambangan.

Foto pariwisata Benteng Pendem Cilacap

Benteng Pendem Salah Satu Objek Pariwisata Andalan Cilacap

Sejarah Benteng Pendem, menurut berbagai sumber Benteng  yang lokasinya juga dekat dengan Nusakambangan adalah sebuah benteng peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1861.

Namanya juga benteng, selain sebagai markas tentu fungsi utamanya adalah untuk pertahanan dari kemungkinan serangan musuh. Terutama serangan yang datang dari arah laut.

Benteng Pendem sendiri berlokasi atau bisa dikatakan menyatu dengan objek wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap. Meskipun secara geografis Benteng Pendem agak jauh dari pusat Kota Cilacap namun objek wisata Benteng Pendem ini mudah dijangkau.

Wilayah Benteng Pendem terdiri dari beberapa bangunan dan ruang-ruang yang masih kokoh hingga sekarang. Pada petunjuk atau keterangan yang tertera, beberapa ruangan tersebut antara lain adalah ruang barak-barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang persenjataan, gudang mesiu, ruang amunisi dan  peluru, ruang klinik pengobatan, dapur, ruang perwira serta penjara.

Namun demikian, sejak awal ditemukan, banyak ruangan di areal benteng yang tidak diketahui benar sepenuhnya.

Selain itu, ada yang menyebutkan bahwa konon di dalam Benteng Pendem ada sebuah terowongan rahasia bawah laut menuju benteng-benteng lainnya dan menuju goa-goa yang ada di pulau Nusakambangan, entahlah...

Beberapa isu mengatakan terowongan tersebut kini sudah tertutup tanah dan tergenang air laut sebab banyak dinding-dinding terowongan yang bocor.

Benteng Pendem Saat Sunyi Lebih Asyik

Kalian akan suka pada kesunyian bukan? Kalian terlalu lelah akan keramaian bukan? Benteng yang aku datangi saat itu adalah Benteng Pendem di saat sunyi, adalah yang asyik untuk melepas kepenatan, ngadem. Dalam area benteng kita masih bisa merasakan angin dari pantai, silirrrr.

Sedikit Data Fakta Tentang Benteng Pendem

Benteng ini sendiri berukuran cukup luas, menurut sumber dari wikipedia, luas Benteng Pendem sekitar 6,5 hektar.

Okelah anggap saja tanah yang dapat kita pijak seluas 5 hektar, tentu tempat yang luas untuk kita berjalan-jalan kesana kemari mengelilingi benteng.

Melihat ruang demi ruang dalam benteng yang sudah berusia ratusan tahun, menghadirkan imajinasi tentang aktifitas penghuninya dahulu kala, ratusan tahun yang lalu.

Objek Wisata Benteng Pendem Dikenal Wisatawan Mancanegara

Selain dikenal oleh wisatawan / turis lokal, Benteng Pendem yang berada di Kota Cilacap ini juga sudah dikenal oleh turis mancanegara, terbukti saat itu aku juga melihat keberadaan beberapa dari mereka.
Dalam hati terbesit pengharapan semoga mereka mengkampanyaken Objek Wisata Benteng Pendem kepada kawan-kawan mereka ketika sudah pulang ke negara asal.
Sehingga Objek Wisata Benteng Pendem Cilacap bisa menjadi opsi dalam rencana destinasi wisata mereka ke Indonesia, buat ngadem.

Post a Comment for "Ngadem Di Objek Wisata Benteng Pendem"