Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna Lirik Lagu Tender Blur

Ehh... kalian pernah dengar lagu Tender miliknya Blur? Musikalitas yang sederhana, easy listening rock song  pokoknya. Dengan distorsi gitar yang agak kotor tapi syahdu, sebelum menerjemahkan maksud dari lirik lagunya, sepasang kekasih akan sudah terhanyut dalam harmonisasi musiknya.

Eh kalian pernah dengar lagu Tender miliknya Blur? Musikalitas yang sederhana, easy listening rock song  pokoknya

Secara artikulasi memang kata per kata bisa kita terjemahkan begitu saja, tapi secara makna lagu ini memang puitis adanya. Untuk menerjemahkan lagu sendiri kita harus melibatkan emosi dari suara-suara alat musiknya.

Dari pembawaan musik kita bisa terbantu untuk menerjemahkan maksudnya. Apa kalimat pada bait tersebut sebuah sindiran, penggambaran situasi, personifikasi atau bermakna lainnya.

Begitu juga kita mencoba membedah makna dari lagu Tender miliknya band pop rock asal inggris yang beranggotakan; Damon, James, Coxon dan Dave Rowntree. Keberadaan mereka dalam kancah musik juga sering dikaitkan sebagai salah satu band pembawa pengaruh trend britpop pada masanya.

Tender: Lagu Tentang Rasa Cinta

Hasil penafsiran / interpretasi dari arti lirik lagu Tender bagi saya begitu unik. Sang penyanyi /Blur menggambarkan / mengkiaskan Tender dengan beberapa pengandaian pada bait-baitnya.

Cinta Itu Bagai Malam

Bait pertama pada Tender, kelembutan dari rasa cinta yang digambarkan sebagai keadaan malam hari yang terhampar.

Bisa diartikan bahwa cinta adalah gelap. Gelap sendiri juga membawa kesan penuh misteri tapi padanya datang bersamaan dengan perasaan menyenangkan.

Cinta Bagai Sentuhan Yang Nyaman

Blur menggambarkan rasa itu laksana sentuhan dari orang yang kita begitu sayangi dengan sangat kuat.- Tender is the touch of someone that you love too much.

Tender Dilambangkan Cahaya

Di lain waktu cinta yang merupakan intisari tema dari Lagu Tender ini juga diibaratkan cahaya yang terang benderang di siang hari dimana iblis / kejahatan yang merubukan musuh dari cinta tidak akan menyukainya.

Kejahatan akan disingkirkan oleh cinta. Cinta adalah keagungan; Love is the greatest thing. that we have.

Tender Dikiaskan Seperti Hantu

Kemudian pada bait selanjutnya Tender digambarkan sebagai hantu, menakutkan. Tapi hantu di sini adalah sisi hantu digambarkan sebagai gambaran rasa ikhlas yang menolak untuk diketahui.

Sebagaimana kita pahami tentang kebanyakan interpretasi kita akan hantu, hantu adalah sosok yang tidak nyaman dengan keterlihatan.

Begitu juga dengan rasa ikhlas, rasa unik itu tidak butuh akan pengakuan. Keikhlasan mempunyai kecenderungan untuk tidak suka untuk diketahui. - Hiding from the sun, waiting for the night to come.

Tender, Cinta Adalah Aneh

Tender adalah kelembutan, adalah hatiku; Tender menggambarkan seseorang yang butuh keterhanyutan dalam cinta meski dia sendiri tahu bahwa cinta dapat membuat hati dan pikirannya kacau balau.

Di saat bersamaan, meskipun banyak orang dibuat kacau karena merasakan cinta tapi orang-orang tetap saja mengharapkan mengalami cinta.

Pada lagu Tender bagian bridge menuju reff ini juga terdapat ajakan kepada orang-orang untuk melalui dan mengagungkan cinta. Cinta dalam artian luas maupun cinta dalam arti sempit.

Bahkan ketika rasa cinta itu tidak juga datang orang-orang digambarkan rela memelas, -- I am waiting for that feeling, I am waiting for that feeling to come. --

Sebuah bait yang menggambarkan pengharapan pada Tuhan agar merasakan cinta.

Kesimpulan Arti Lagu Tender Blur

Kesimpulannya, inti dari lagu Tender ini menggambarkan bahwa Cinta itu indah meskipun mengacaukan perasaan dan pemikiran.

Cinta bisa membuat orang terluka atau goblo9 tapi faktanya orang-orang tetap saja mengharapkan pengalaman jatuh cinta.

Tender is my heart I'm screwing up my life Lord I need to find Someone who can heal my mind.

Kita semua selalu ingin mengalami cinta. Cinta yang tradisinya sendiri selalu menuntut pengorbanan dan keikhlasan. Ingin dipertemukan dangan sosok yang mempu membuat kita terlena dan tholol.

Kalau dikau tidak percaya perihal uniknya kita dalam kebutuhan akan rasa cinta, silahkan tanyakan saja pada para jomblo yang jujur perihal bagaimana menjalani hidup tanpa cinta, dan betapa mereka ingin merasakannya meski tahu itu berarti siap terluka.

Post a Comment for "Makna Lirik Lagu Tender Blur"