Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Hal Yang Membuat Visitor Blog Tidak Nyaman

Apakah blog aku dan kamu salah satu yang ada di daftar ini?! Mempunyai 6 hal / faktor yang membuat visitor blog ingin lekas pergi? Tidak Betah? Menurun?

Jika iya, ya mari kita perbaiki. Membuat vistor merasa seakan berada di zona nyaman membaca dan menelusuri halaman satu ke halaman lain dari potingan satu ke postingan lain adalah pengharapan semua blogger.

faktor-membuat-pengunjung-blog-menurun

Faktor Yang Membuat Visitor Blog Tidak Nyaman

Kemudian apa sajakah hal-hal yang sangat berpotensi membuat visitor blog tidak betah berlama-lama?

1. Loading Halaman Yang Lambat

Lambatnya proses loading halaman ini salah satu hal yang tidak kita sukai kan? Kita pernah melihat sebuah judul postingan yang sangat menarik, kemudian kita klik dan ternyata prettttt.., lodaingnya berat banget. Muta-muter-mutar-muter.

Jika proses loading blog kmu lama, ya segera sikapi, cari informasi, kunjungi blogger-blogger master yang bisa menerangkan secara gamblang.

Untuk pemula, kasus ini biasnya karena seputar faktor ukuran gambar yang belum dikonversi dengan proporsional. Untuk pengguna hosting selain blogger akan lebih kompleks lagi penyebabnya.

2. Penggunaan Template Blog

Ini kaitanya dengan tampilan, penggunaan template blog sebenarnya sih suka-suka blogger, tapi sepengalamanku aku nyaman ketika mengunjungi blog dengan tampilan yang bersih dan ringan, dan mobile friendly. Blogger pemula gak harus risau soal tampilan, kan banyak juga template blog keren yang gratis.

3. Hiasan Pada Blog

Jika tadi adalah templatnya, maka ini adalah perihal hiasan. Tampilan blog yang blink-blink alias terlalu banyak hiasan kerlap-kerlip itu tidak berkesan membuat nyaman. Jadi jika ingin menghiasi blog ya pertimbangankan batasannya. Selain itu hiasn ini biasanya juga berdampak pada kecepatan loading halaman blog.

4. Timing Pop-Up

Ini buat blogger yang memasang widget pop-op, semestinya kita juga belajar dari apa yang kita rasakan saat kita mengunjungi blog lain. Adalah pengalaman yang tidak mengesankan ketika pop-up muncul terlalu cepat, rasanya semisal baru juga pel... eh crot.

Aku sendiri kadang pake kadang tidak, semisal aku pake biasanya aku sett waktunya diatas angka 20 detik ke -atas.

5. Tulisan Terlalu Banyak

Untuk beberpa alasan tulisan terlalu banyak adalah keperluan dari teknik SEO, tapi pada faktanya jika tulisan terlalu banyak dan tidak proporsional justru membuat jenuh pembaca. Dari sini aku pikir sulisan padat yang informatif memang sebuah karya tulis yang keren.

Sebenarnya aku salah satu yang bermasalah di kasus ini, menulis seproporsional dan se-mengena mungkin bukan perkara mudah.

6. Keterbacaan Tulisan

Hemmm... kok bisa susah dibaca? Kenapa warna tulisannya pink muda backgroundnya putih atau sebaliknya? Ini adalah kasus luamyan fatal, bagaimana pengunjung bisa membaca jika tulisan dan background minim kontras?! Selain itu bentuk huruf / font sebaiknya bukan semacam font yang digunakan untuk menulis surat cinta. Yang elegan lebih disukai oleh umumnya orang.

Oh iya 1 lagi pengalaman yang aku dapat dan sudah aku bandingkan faktanya, untuk blogger, jika belum tahu, bahwa gaya penulisan model rata kiri itu lebih enak dibaca dari pada gaya penulisan rata kanan kiri.
Gak percaya?!!
Silahkan kunjungi situs-situs besar, mereka hampir pasti mempraktekan gaya menulis rata kiri dari pada rata kiri-kanan.
Dahulu kala waktu awal-awal menulis aku menggunakan penulisan sama rata, kemudian kau bandingkan dengan konsep penulisan rata kiri, tenyata memnag lebih enak dibaca yang model rata kiri. Meski kesan tulisannya menjadi tidak rapih pada sisi kanan.

Sekali lagi, rata kiri lebih enak dibaca daripada sama rata, btw ini tidak berlaku jika konsep tulisanya bukan alpabetik loh yak..., misal Bahasa Arab.

7. Strategi Penempatan Iklan

Kamu sangat tidak nyaman dengan situs-situs media ternama yang iklannya berjubel bukan? Hal itu berlaku sama bagi orang yang mengunjungi blog kita.

Jadi, teori apa yang kamu berikan maka itu yang akan kamu dapatkan ini memang berlaku, saat kita memberikan penempatan banner iklan yang bejubel, kita akan mendapatkan konsekwensi berupa pengunjung yang lekas pergi meninggalkan blog.

Post a Comment for "7 Hal Yang Membuat Visitor Blog Tidak Nyaman"