Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Website Jualan Online - Anda Bisa!

Setiap orang yang mempunyai visi menjual produk secara online tentu ingin mempunayi toko online sendiri agar bisa lebih bebas berkembang.

Bagi para otodidak yang tidak mengenyam pendidikan tentang cara membuat website pastinya juga pengin bisa serta ingin mendapatkan penggambaran jelas tentang tata cara membuat website jualan online.

Mempunyai Online Shop / Toko Online Mandiri di internet bagi para pedagang di jaman sekarang adalah semacam kebutuhan, bukan karena masalah keren atau tidak dalam pergaulan di dunia maya tapi zaman memang menuntut kita ke arah ini.

Di sini saya menggunakan metode penggambarann agar pengertian untuk Cara Membuat Online Shop mudah dipahami

Perlu diketahui bahwa cara paling awam dalam membuat online shop ada 2, yang pertama menggunakan layanan Blogspot dan yang kedua menggunakan Wordpress.

Dan perlu diketahui bahwa untuk membuat online shop, anda tidak wajib memahami bahasa pemrograman karena bagian-bagian yang njlimet itu sudah ada ahlinya.
Anda hanya perlu memahami beberapa hal saja yanh berguna untuk pemeliharaannya.

Ilustrasi Tentang  Pembuatan Toko Online

Penggambarannya, jika anda ingin membangun ruko, anda tidak perlu membuat pasir, bata, semen dan lainnya, anda hanya perlu mengambil/ membeli unsur-unsur yang diperlukan tersebut. Unsur-unsur itu sendiri ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Cara Membuat Online Shop Menggunakan Blogspot

Untuk cara yang pertama kita akan belajar memahami cara membuat website online shop menggunakan layanan blogspot. Berikut adalah tahapannya. Sebaiknya gunakan imajinasi anda yah.

  • Layanan Hosting Blogspot

Seperti anda akan membuat blog di blogspot, begitu juga dengan cara membuat toko online di blogspot, apa yang perlu anda lakukan adalah membuat laman web yang akan digunakan untuk membuat toko online. Jika anda pernah membuat blog pasti anda bisa untuk tahap ini, karena tidak ada bedanya.

  • Menggunakan Template Khusus Toko Online Blogspot

Ini juga perlu anda pahami, bahwa jika kita menggunakan blogspot sebagai hosting untuk website toko online, maka kita memerlukan template / tema dengan platform khusus toko online untuk blogspot.

Untuk Template / Tema Toko Online ini anda tidak perlu pusing-pusing tentang bagaimana cara membuatnya, sebab ada banyak pihak-pihak yang menyediakan secara gratis. Tapi saran saya, jika anda benar ingin berjualan maka sebaiknya membeli template premium saja agar online shop anda lebih profesional.

Jika anda ingin mengetahui dimana membeli template online shop yang berkualitas dan mudah cara penggunannya anda bisa kunjungi penjual template toko online untuk blogspot. Sugeng.Id adalah salah satu yang dipercaya banyak pengguna.

  • Menggubakan Domain Berbayar
Domain adalah identitas kita, kartu tanda pengenal sah yang menerangkan siapa diri kita. Harga domain sendiri bervariasi mulai dari yang gratis, murah, kisaran puluhan ribu sampai ada yang berharga ratusan ribu atau bahkan mungkin jutaan.

Untuk pemahaman lanjutan, jika anda menggunakan layanan blogspot, sebenarnya anda tidak wajib membeli domain custom, sebab anda bisa menggunakan Sub Domain blogspot itu sendiri. Tapi jika kita memaksakan menggunakan Sub Domain Blogspot.com, yang jadi masalah adalah Toko Online anda berkesan kurang profesional.
Domain itu apa sih?! Domain itu yang tulisan berbunyi [dot] com, id, org, biz, gov, store, we.id, xyz dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Membuat Online Shop Menggunakan Wordpress

Untuk membuat Online Shop mengunakan CMS Wordpress kita perlu sedikit mengeluarkan ongkos lebih mahal. Mengapa lebih mahal?! Karena kita memerlukan lahan. Gambarannya begini, jika menggunakan blogspot lahan disediakan oleh blogger (Google) maka jika menggunakan Wordpress kita memerlukan lahan sendiri yang disebut hosting.

  • Hosting Sendiri

Hosting itu apa? Analoginya Hosting adalah lahan untuk kita mendirikan olshop nantinya.

Penggambaran sederhananya, hosting adalah tempat untuk menyimpan data baik berupa tulisan, gambar, vidio, audio dan lain-lain agar bisa ditampilkan di internet.

  • Domain
Jika menggunakan layanan blogger domain bisa gratis dengan layanan sub domain dari blogger, maka jika kita menggunakan layanan Wordpress, domain  disini ini menjadi keharusan. Dan sebaiknya, sesuaikan nama domain dengan nama online shop anda.

Contoh, Jika anda akan berjualan sepatu maka nama yang konteks diantaranya adalah; sepatubagus.com ; sepatu.net ; sepatymurah.id, ; sepatu.store ; dan atau lainnya.

Masalahnya, jika anda memberi nama domain tidak sesuai jualan anda, maka akan nampak timpang, bahkan konon, itu buruk untuk masalah pencarian di mesin pencari.

FYI, ada banyak penyedia domain dan hosting yang terpercaya loh, diantaranya; Domainesia, Rumahweb, Niagahoster dan banyak lagi, suka-suka anda saja. Kebanyakan pelayanan mereka sudah profesional dan melayani 24 jam kok. Oh iya jika anda membeli hosting, biasanya mereka memberi domian gratis loh, sekali lagi biasanya!

  • Menggunakan Template Khusus Toko Online Wordpress

Nah berhubung di sini menggunakan wordpress maka tema / template yang digunakan sendiri harus menggunakan tema yang dirancang khusus untuk CMS wordpress. Untuk Template / Tema Toko Online dari wordpress juga anda tidak perlu pusing-pusing tentang cara membuatnya, sebab ada banyak pihak-pihak yang menyediakan secara gratis.

Jika anda ingin membuat toko online berbasis CMS WordPress dan anda bermaksud membeli template yang berkualitas dan bagus, anda bisa mencobanya di Oketheme penyedia berbagai Template Wordpress berkualitas.

Kesan Dari Pengalaman Penggunanan 2 Model Online Shop

Kemudian bagi yang belum pernah sama sekali membuat online shop, berikut aku berikan informasi tentang kesan dari keduannya berdasarkan pengalaman penulis.

  • Kesan Personal Menggunakan Toko Online Blogspot

  1. Biaya pembuatan online shop murah
  2. Tampilan sederhana
  3. Mudah dipahami cara kerjanya
  4. Banyak pilihan template
  5. Harga template lebih murah
  6. Kurang interaktif

  • Kesan Personal Menggunakan Toko Online Wordpress

  1. Biaya pembuatan dan perawatan lebih mahal dari versi toko online dengan blogspot
  2. Tampilan lebih bagus
  3. Banyak pilihan template harga lebih mahal dari template untuk blogspot
  4. Banyak plugin / alat yang tersedia untuk memaksimalkan online shop
  5. Lebih kompleks
  6. Interaktif

Kesimpulan

Kesimpulan yang saya ambil dari pengalaman pribadi, wordpress lebih enak dijadikan kerangka untuk membuat online shop.

Tapi di sisi lain membuat online shop dengan Blogspot jauh lebih murah.

Jadi apa bila anda berminat untuk membuat online shop sebaiknya anda mempertimbangkan sisi modal dan pemahaman atas kedua platform tersebut.