Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Makna Literasi Dari Para Ahli

Apakah Ngeblog termasuk Literasi? Aku Pikir Iya.

Di lansir dari Jabarprov.go.id, menurut kamus online Merriam-Webster, Literasi berasal dari istilah latin 'literature' dan bahasa inggris 'letter'. Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis.

Arti litersi dari para hali

Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "Kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual [adegan, video, gambar]."

National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai "Kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat."

Definisi ini memaknai Literasi dari perspektif yang lebih kontekstual. Dari definisi ini terkandung makna bahwa definisi Literasi tergantung pada keterampilan yang dibutuhkan dalam lingkungan tertentu, serta mencakup kemampuan membaca kata dan membaca realita dunia.
Mungkin maksudnya jika ada orang bisa melakukan lebih dari yang dibutuhkan di lingkungan itu, anda jadi over-literasi yak?!

Literisi Menurut UNESCO

Kalo menurut UNESCO [United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization], pemahaman orang tentang makna literasi sangat dipengaruhi oleh penelitian akademik, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya, dan juga pengalaman.

Pemahaman yang paling umum tentang makna dari literasi adalah seperangkat keterampilan nyata, khususnya keterampilan kognitif membaca dan menulis terlepas dari konteks di mana keterampilan itu diperoleh dan dari siapa memperolehnya.

Kemudian UNESCO menjelaskan bahwa kemampuan literasi merupakan hak setiap orang dan merupakan dasar untuk belajar sepanjang hayat.

Kemampuan literasi dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu, keluarga, masyarakat. Karena sifatnya yang Multiple Effect atau dapat memberikan efek untuk ranah yang sangat luas, kemampuan literasi membantu memberantas kemiskinan, mengurangi angka kematian anak, pertumbuhan penduduk, dan menjamin pembangunan berkelanjutan, dan terwujudnya perdamaian.

Jadi jika pemuda-pemudi pada generasi sudah berliterasi, sederhananya, mereka sudah mempunyai modal untuk mengatasi segenap permasalahan yang ada.

Dan perlu diketahui, beberapa yang hal yang kerap menghalangi perkembangan literasi antara lain adalah rendahnya minat membaca dan buta huruf.

Kurang membaca memang berbahaya yak? Jadi, seumpama di suatu negara atau pemerintahan ada program yang mempersulit sistem pendidikan maka itu sama saja dengan program memiskinkan literasi yak? 🤔

Kesimpulan Sederhana Tentang Literasi

Setelah membaca uraian di atas, penulis meng-interpretasi-kan bahwa setiap orang yang mampu menggunakan otak dan mengendalikannya untuk keperluan pribadi sehingga dapat beradaptasi / bersosial berarti mempunyai literasi cukup baik.

Jika anda bisa membaca postingan ini, berarti cukuplah dikatakan bahwa anda mempunyai label orang yang mempunyai literasi.

Post a Comment for "Memahami Makna Literasi Dari Para Ahli"